8 Manfaat Hebat Biji Labu Bagi Kesehatan

Pernah mendengar makanan yang terbuat dari biji labu? Mungkin penggunaan biji labu sebagai makanan masih terdengar asing. Buah labu, khususnya labu kuning, biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat kolak, yang sangat digemari saat bulan Ramadhan tiba. Tak heran jika labu jarang sekali ditemui di luar waktu musiman tersebut.


8 Manfaat Hebat Biji Labu Bagi Kesehatan
sumber : healthyfoodheadlines.com
Terlepas dari kurang populernya tanaman ini sebagai sumber pangan, biji labu ternyata memiliki banyak nutrisi hebat yang berkhasiat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan sistem imun hingga anti peradangan. Kira-kira, bagaimana cara yang enak untuk mengolah biji labu ya? Mari kita simak bersama 8 manfaat hebat biji labu bagi kesehatan.

baca juga : Waspada, 7 Penyakit Berbahaya Ini Gejalanya Mirip Masuk Angin

Menguatkan Jantung

Labu khususnya bagian biji mengandung banyak magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Magnesium juga berkhasiat melancarkan pencernaan, mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi pada anak, serta menjaga tekanan darah tetap normal, sehingga baik untuk penderita gangguan jantung. Dilansir oleh So Feminine, seperempat cangkir biji labu dapat memenuhi hingga setengah kebutuhan magnesium tubuh kita dalam sehari.

Meningkatkan Kinerja Otak

Selain magnesium, biji labu juga mengandung banyak zinc yang bekerja menguatkan otak, meningkatkan fokus dan daya ingat. Ahli gizi terkemuka, Lovisa Nillson, mengungkapkan bahwa biji labu dapat dijadikan alternatif sumber gizi yang baik untuk otak. Beberapa biji labu mampu memenuhi kebutuhan zinc per harinya,, yaitu sekitar 4-7 mg. Ungkapan tersebut diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Duke University. Kandungan zinc dalam biji labu memiliki peranan penting dalam sinkronasi kinerja otak dan meningkatkan kognisi serta memori secara signifikan.

Membantu Proses Penyembuhan

Saat sakit, biji labu mampu mempercepat regenerasi sel tubuh yang rusak sehingga mempercepat proses penyembuhan. Hal tersebut karena biji labu kaya protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Mengobati Perut Kembung

Perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah masalah pencernaan. Biji labu mampu menetralisis perut kembung dengan cepat karena kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat kompleks yang lebih sehat dan ramah pada usus.

Menghilangkan Stres

Lupakan sejenak coklat yang terkenal dengan khasiat anti depresi nya. Biji labu juga memiliki khasiat yang sama, dengan tingkat kalori lebih rendah yang lebih menguntungkan bagi Anda yang sedang diet. Biji labu mengandung banyak asam amino yang dapat merangsang produksi zat pelawat stres pada otak.

Sebagai Obat Tidur

Kabar baik bagi Anda penderita insomnia yang ingin menghindari obat tidur kimia. Biji labu mampu merangsang produksi serotonin dan mengubahnya menjadi melatonin, yang dapat membuat Anda tidur dengan lebih nyenyak. Konsumsi biji labu sebelum tidur mampu meningkatkan kualitas tidur.

Meringankan Gejala Menopause

Menopause bisa jadi hal yang membuat depresi bagi sebagian wanita. Belum lagi berbagai gejala lain yang ditimbulkan menjelang berakhirnya siklus bulanan bagi setiap wanita tersebut. Biji labu mengandung zat phytoestrogen alami yang mampu menurunkan tekanan darah, kemerahan pada wajah, sakit kepala, nyeri sendi dan gejala menopause lainnya.

Anti Peradangan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, biji labu mampu mepercepat proses penyembuhan di saat sakit. Biji labu mentah atau yang telah diolah menjadi minyak, bersifat sebagai anti peradangan, khususnya bagi pasien arthritis, tanpa efek samping. Biji labu juga mampu mengusir parasit dari dalam tubuh, terutama cacing pita. Biji labu juga bersifat anti jamur dan anti virus, yang membuatnya layak mendapat predikat sebagai makanan super.

Itulah beberapa khasiat hebat dari biji labu yang sayangnya belum begitu populer. setelah membaca artikel ini, ada baiknya Anda mulai mencoba biji labu sebagai alternatif sumber pangan untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Manfaat Hebat Biji Labu Bagi Kesehatan"

Post a Comment