8 Solusi Kreatif Bagi Pejalan Kaki yang Kecanduan Smartphone

Seperti kita ketahui bersama, tren smartphone atau ponsel pintar saat ini makin merebak ke berbagai kalangan. Tua muda dari berbagai kalangan profesi kini seakan tak bisa terlepas dari smartphone. Ada yang asyik bersosmed, bermain game, hingga sekedar chatting.

sumber : japantimes.co.jp
Bermain ponsel memang tidak ada salahnya, hanya saja kita harus bijak dalam menggunakannya. Banyak orang yang tak pandai mengatur waktu bermain ponsel dan terus terpaku pada ponsel mereka hampir di setiap situasi dan kondisi. Hal yang paling berbahaya adalah jika kita berani bermain ponsel saat berkendara atau sedang berjalan di tempat umum.

Beberapa kasus kecelakaan tercatat diakibatkan oleh pemakaian ponsel di saat yang tidak tepat. Tragisnya, tak sedikit nyawa yang melayang hanya karena terlalu asyik bermain ponsel. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa Negara membuat cara yang unik untuk menunjang keselamatan para pecandu ponsel saat sedang berjalan di tempat umum. Ada yang membuat kagum, hingga yang membuat tertawa ngakak. Kira-kira, solusi kreatif apa saja yang telah diterapkan untuk para pecandu ponsel tersebut?

Rambu khusus pengguna ponsel di Jerman

sumber : oddee.com
Berjalan kaki dengan kepala terfokus pada ponsel sebenarnya bukan masalah besar selama Anda tidak tertabrak kereta karenanya. Sayangnya, hal tragis tersebut pernah menimpa seorang gadis 15 tahun di Augsburg, Jerman, hingga membuatnya meninggal dunia.Untuk mencegah kasus serupa, pemerintah membuat semacam rambu khusus di tepi ruas jalan agar para pengguna ponsel tetap waspada dan tidak melewati batas tersebut.

Pembagian lajur tangga untuk tiga ‘tipe’ mahasiswa

sumber : oddee.com
Utah Valley University, sebuah kampus besar dengan 30 ribu mahasiswa ini memiliki sebuah cara unik bagi para mahasiswa yang gemar berponsel sambil berjalan. Agar mereka tak berdesakan dan saling bertabrakan saat berjalan di tangga, pihak kampus membagi setiap tangga menjadi 3 lajur masing-masing untuk mahasiswa yang ingin berjalan, berlari hingga berponsel sambil berjalan.

Jalur khusus pengguna ponsel di Cina

sumber : oddee.com
Cina juga sudah cukup lama menyadari potensi bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan ponsel di kalangan pejalan kaki. Sejak 2014, pemerintah membuat jalur khusus pejalan kaki yang sibuk berponsel agar mereka tetap aman dan terhindar dari kecelakaan. Saat ini tercatat ada sekita 165 jalur khusus pengguna ponsel hanya di wilayah Chongqing. Hal tersebut menjadi bukti betapa besarnya pengaruh ponsel pada peradaban manusia saat ini.

Jalur khusus pengguna ponsel di Belgia

sumber : oddee.com
Tak berbeda dengan Cina,pemerintah Belgia juga cepat tanggap menghadapi tren pejalan kaki ‘zombie’ yang senantiasa tertunduk pada ponsel sambil berjalan kaki. Di mulai dari kota Antwerp, setiap fasilitas public selalui dilengkapi dengan jalur khusus pengguna ponsel yang ditandai dengan warna putih. Pemerintah bahkan bekerja sama dengan produsen ponsel lokal dalam menjalankan program ini.

Tiang yang ditempeli bantalan di London

sumber : oddee.com
Ibukota Inggris juga telah mengantisipasi keselamatan para ‘zombie’pengguna ponsel agar terhindar dari kecelakaan. Pemerintah memasangi bantalan khusus di setiap tiang di penjuru kota untuk menghindari kecelakaan pejalan kaki yang menabrak tiang karena asyik menggunakan ponsel. Ironisnya, kecelakaan konyol akibat bermain ponsel ini sangat sering terjadi di London sebelum program bantalan tiang ini dilakukan.

Kamera ponsel ‘pengintai’ jalan raya

sumber : oddee.com
Sebuah terobosan baru saat ini tengah dikembangkan oleh seorang bernama Bryan Brunsell. Nantinya, ponsel akan dilengkapi dengan sebuah kamera ‘pengintai’ khusus yang akan membuat pengguna dapat terus menggunakan ponsel dengan nyama sambil berjalan kaki. Ada-ada saja ya!

Kostum ‘Chewbacca’ di tengah jalan untuk menguji respon pengguna ponsel

sumber : oddee.com
Saat sedang berponsel, orang biasanya akan terfokus pada ponsel dan mengabaikan hal-hal di sekitarnya. Seorang jurnalis bernama Geoffrey A. Fowler ingin menguji kepekaan para pengguna ponsel dengan menggunakan kostum tokoh Chewbacca dalam film Star Wars dan berjalan-jalan di tengah kesibukan jalan San Fransisco di pagi hari. Ia muncul di tengah pejalan kaki yang rata-rata terfokus pada ponsel masing-masing. Ironisnya, hanya sedikit orang yang menyadari keberadaan sang Chewbacca, padahal tdak setiap hari mereka bisa melihat orang berpakaian aneh seperti itu di tengah jalan.

Poster sarkasme bagi pecandu ponsel

sumber : oddee.com
Tak cukup dengan cara-cara ‘sopan’ di atas, seoang seniman jalanan asal New York bernama Jay Shell merasa tergelitik dengan fenomena pejalan kaki ‘zombie’ yang seringkali terlibat kecelakaan karena terlalu asyik bermain ponsel. Ia membuat berbagai poster bernada sarkastik di berbagai penjuru jalan untuk memperingatkan para pengguna ponsel agar senantiasa waspada dan mengutamakan keselamatan mereka. Salah satu poster buatannya berisi kalimat ‘Tetap waspada saat berjalan, update status Facebook-mu bisa menunggu’.

Nah, itulah beberapa cara kreatif yang digunakan di beberapa Negara untuk mencegah kecelakaan akibat terlalu asyik bermain ponsel. Mungkinkah hal serupa juga bisa diterapkan di Indonesia? Bagaimana menurutmu?

0 Response to "8 Solusi Kreatif Bagi Pejalan Kaki yang Kecanduan Smartphone"

Post a Comment