6 Makanan Ini Bersihkan Paru-paru dari Tar dan Nikotin

Seperti kita ketahui, merokok adalah kebiasaan yang tidak sehat. Rokok mengandung banyak racun yang berbahaya bagi tubuh, dan yang paling terkenal adalah tar dan nikotin. Kadar tar dan nikotin dalam setiap batang rokok berbeda-beda, namun tetap saja akan memberi dampak buruk jika sudah masuk ke dalam tubuh.

Tar dan nikotin akan mengendap dalam paru-paru dan aliran darah. Dalam jangka waktu lama, kedua racun tersebut mampu membunuh seorang perokok secara perlahan, mulai dari mengakibatkan kanker, infeksi saluran pernafasan hingga serangan jantung.


paru-paru sehat vs paru-paru sakit
Nah, jika Anda terlanjur menjadi perokok berat dan ingin membersihkan paru-paru Anda dari racun, sebaiknya Anda mengkonsumsi 6 makanan di bawah ini. Walaupun memerlukan waktu yang cukup lama, bahan-bahan berikut terbukti efektif membersihkan kadar tar dan nikotin dalam paru-paru,karena mengandung nutrisi yang bertugas melakukan detoksifikasi. Dikutip dari Simple Capacity, berikut adalah 6 makanan tersebut.

baca juga : Awas, 5 Makanan Ini Bisa Membunuh Libido

Jagung

Mengapa jagung masuk ke dalam daftar ini? Mungkin selama ini Anda hanya mengenal jagung sebagai bahan makanan pengganti nasi. Namun ternyata, jagung tak hanya mengandung karbohidrat saja. Ia juga memiliki banyak nutrisi yang mampu berperan sebagai obat, salah satunya adalah zat beta-cryptoxanthin, Zat ini ampuh melindungi paru-paru dari kanker, dan membersihkannya dari tar dan nikotin yang menumpuk. Perlu dicatat, hanya jagung segar saja yang memiliki kadar beta-cryptoxanthin yang baik.

Kacang Brazil



Kacang Brazil mengandung kadar selenium paling tinggi di antara makanan lainnya.Selenium bersifat sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas sekaligus membersihkan racun, termasuk tar dan nikotin.

Bawang Merah

Bawang merah dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, membersihkan darah, dan mencegah infeksi paru akibat rokok. Konsumsi bawang merah mampu meminimalisir tumpukan tar dan nikotin dalam paru-paru.

Jahe

Jahe memang telah dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan sejak waktu yang lama. Selain menghangatkan badan, jahe juga berkhasiat membersihkan racun dalam paru-paru perokok. Khasiatnya akan lebih terasa jika dikonsumsi dalam bentuk minuman, seperti dijadikan teh, terlebih bagian akarnya.

Jeruk

Selain dikenal sebagai sumber vitamin C, buah populer ini juga berkhasiat mecegah kanker paru-paru. Jeruk mengandung zat cryptoxanthin, seupa dengan zat yang terkandung pada jagung.

Daun Pinus

Bagian dari pohon pinus yang berbentuk seperti jarum ini biasanya disajikan dalam bentuk teh, dan sudah lama dipercaya sebagai pembersih mulut dan tenggorokan. Lebih lanjut, teh jarum pinus dapat membersihkan paru-paru dari segala macam racun termasuk tar dan nikotin,juga memerangi kanker paru-paru.

baca juga : 6 Selebriti Hollywood Ini Hilang Keper4wanannya di Usia Belia

Merokok memang tak baik untuk kesehatan. Merokok bukan kebiasaan yang disarankan, namun jika Anda terlanjur menjadi perokok, ada baiknya mencoba rutin mengkonsumsi 6 makanan di atas. Akan lebih baik jika Anda mulai mengurangi jumlah rokok agar terhindar dari berbagai resiko kesehatan.

0 Response to "6 Makanan Ini Bersihkan Paru-paru dari Tar dan Nikotin"

Post a Comment