Ini Dampak Bahaya Merokok Saat Berbuka Puasa

Seperti kita ketahui, puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Puasa dapat membersihkan tubuh dari berbagai racun hingga melatih keseimbangan emosi. Di bulan Ramadhan, waktu berbuka puasa menjadi waktu yang sangat menyenangkan karena kita dapat menyantap berbagai makanan dan minuman dengan lebih nikmat, karena telah berpuasa seharian penuh.



Oleh karena itu, banyak orang yang menyediakan makanan favorit sebagai hidangan berbuka. Bagi perokok, rokok sudah tentu menjadi menu wajib yang harus ada saat berbuka. Banyak orang yang langsung merokok setelah makan di waktu berbuka. Namun tahukah Anda, kebiasaan merokok yang tak sehat akan memberikan dampak negatif hingga dua kali lipat jika dilakukan saat berbuka. Kok bisa?

baca juga : Bersihkan Racun dalam Darah dengan 5 Makanan Ini

Saat berpuasa, tubuh memang melakukan detoksifikasi disertai oleh penurunan tekanan darah yang akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Namun, saat berpuasa tubuh juga rentan terkena radikal bebas karena terhentinya pasokan makanan. Saat asupan makanan berkurang selama berpuasa, otomatis jumlah antioksidan endogen yang dihasilkan oleh tubuh juga ikut berkurang. Padahal hormon ini berperan sangat penting sebagai antioksidan alami dalam tubuh.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat saat berbuka. Hal ini berfungsi untuk mengisi nutrisi dalam tubuh dengan segera. Jika sesorang langsung merokok saat berbuka puasa, otomatis racun dalam rokok lah yang menjadi 'nutrisi' pertama yang diserap tubuh, padahal tubuh sedang dalam keadaan kosong dan tidak siap menangkal raun karena rendahnya hormon endogen dan eksogen.

Dengan kata lain, merokok saat berbuka puasa dapat menimbulkan dampak radikal bebas hingga dua kali lipat pada tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dan munculnya berbagai penyakit, merusak sel-sel tubuh, hingga memunculkan sel-sel abnormal dalam tubuh seperti kanker. 

baca juga : 4 Manfaat Dibalik Anjuran Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

Maka dari itu, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang sehat saat berbuka puasa. Hindari merokok, terlebih jika dilakukan langsung untuk mengawali berbuka puasa.Lebih lanjut lagi, merokok dapat menurunkan keinginan makan sehingga beresiko meningkatkan dampat radikal bebas menjadi 3 kali lipat karena kurangnya pasokan makanan dalam jangka waktu yang lama. Smoga bermanfaat.

1 Response to "Ini Dampak Bahaya Merokok Saat Berbuka Puasa"

  1. Kira-kira hal Ini berlaku bagi perokok pasif ngga, ya?

    Thx, artikel yg bermanfaat.

    ReplyDelete