Unik, Inilah Ragam Larangan Bagi Wanita Menstruasi di Nepal

Seperti kata pepatah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Setiap daerah tentu memiliki adat budaya unik yang harus dijalankan oleh masyarakat setempat. Walau kadang terkesan aneh, berbagai adat kebiasaan telah menambah kekayaan budaya dan keunikan daerah tersebut. Benua Asia dikenal sebagai tempat dengan seribu satu adat budaya yang unik, mulai dari kehidupan sehari-hari hingga ragam ritual adat yang masih dilestarikan seiring perkembangan zaman, salah satunya adalah negara Nepal.



Negara yang terkenal dengan puncak Everest nya ini memiliki adat kebiasaan yang tak kalah unik dibanding negara tetangganya, India. Nepal sendiri dikenal sebagai negara yang memiliki banyak aturan ketat bagi kaum wanita. Banyak aspek kehidupan yang diatur secara tak tertulis oleh sistem adat, termasuk aturan bagi wanita yang sedang menstruasi. 

baca juga : Ini 4 Alasan Darah Menstruasi Berbau Tak Sedap

Di sebuah desa di Nepal, ada banyak larangan yang harus dipatuhi oleh wanita yang sedang menstruasi. Walau zaman semakin maju dan beberapa larangan dirasa kurang cocok dengan kondisi masyarakat saat ini, tradisi tersebut masih terus dilestarikan. Dilansir oleh Scoop Whoop, berikut adalah ragam larangan unik bagi wanita menstruasi di negara Nepal.

Bercermin dan menyisir rambut



Di Nepal, seorang gadis yang mengalami menstruasi untuk pertama kali dilarang keras untuk bercermin dan menyisir rambutnya. Larangan ini berlaku hingga masa menstruasi si gadis berakhir. Tak jelas apa alasan di balik larangan ini. 

Mandi di tempat umum



Urusan mandi dan mencuci bisa jadi hal yang merepotkan bagi gadis menstruasi di Nepal. Mereka harus pergi ke sumber air yang jauh dari pemukiman untuk mandi dan mencuci pakaian, khususnya pakaian yang terkena darah menstruasi.



Tak seperti masyarakat pada umumnya, gadis-gadis Nepal membuat 'pembalut' mereka sendiri dari kain yang tak terpakai.

Melihat matahari



Lagi-lagi larangan untuk gadis yang pertama kali mendapatkan menstruasi, mereka dilarang untuk melihat matahari secara langsung sejak terbit hingga terbenam. Walau tak jelas apa maksudnya, larangan ini masih ditaati oleh beberapa wanita di Nepal.

Berkumpul dengan keluarga



Gadis yang sedang menstruasi akan dijauhi dan dikucilkan oleh keluarganya. Mereka tak boleh makan bersama, bersentuhan, bahkan sekedar berbincang, khususnya kepada anggota keluarga laki-laki. Larangan ini berlaku hingga masa menstruasi selesai.



Walau sudah menjadi adat kebiasaan, banyak gadis muda yang menyayangkan hal ini sebab membuat mereka merasa kesepian saat siklus bulanan tersebut datang. Tak jarang ada keluarga yang menyuruh anak gadisnya tinggal di rumah terpisah saat mreka sedang menstruasi.

Makan pepaya



Satu lagi larangan aneh bagi wanita menstruasi di Nepal, yaitu larangan makan pepaya. Uniknya lagi, tak hanya memakannnya, para gadis juga dilarang mendekati apalagi menyentuh pohon dan buah pepaya selama mereka menstruasi.

baca juga : 6 Pekerjaan Nyeleneh Ini Hanya Ada di India

Nah itulah beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh wanita Nepal saat sedang menstruasi. Bagaimana dengan Indonesia? Kira-kira, apakah hal tersebut masih cocok diterapkan tidak ya?

0 Response to "Unik, Inilah Ragam Larangan Bagi Wanita Menstruasi di Nepal"

Post a Comment