Ngeri, 6 Benda Ini Dibuat dari Tubuh Manusia

Peradaban manusia yang diyakini sudah ada sejak jutaan tahun lalu kini telah menghasilkan banyak kebudayaan yang mengagumkan. Banyak bangunan dan benda yang diciptakan manusia untuk membuat hidup semakin nyaman, sebut saja gedung pencakar langit, alat transportasi, hingga teknologi kesehatan. Semuanya adalah hasil pemikiran dan kemajuan peradaban manusia.

Terlepas dari banyaknya penemuan teknologi modern yang semakin maju, mungkin Anda tak pernah mengira ada sebagian orang yang membuat benda-benda dari bagian tubuh manusia. Ada yang menjadikannya sebagai aksesoris, bahan bangunan, senjata, hingga alat musik. Di balik penggunaan bagian tubuh manusia, rupanya ada sejarah unik yang melatarbelakangi pembuatan benda tersebut.

Mungkin Anda akan bergidik ngeri saat melihat benda-benda di bawah ini. Penasaran? Berikut informasinya.

baca juga : Miris, 10.000 Anjing Disiksa dan Jadi Hidangan Festival di Cina

Kecapi dari tengkorak manusia

Sebuah alat musik yang terlihat mengerikan ini terpajang di sebuah museum bernama Metropolitan Museum of Art. Alat musik menyerupai kecapi ini dibuat dari tengkorak manusia dipadu dengan tanduk hewan sebagai pengait senarnya. Belum jelas sejarah di balik alat musik mengerikan ini, namun ia diperkirakan berasal dari Amerika Selatan atau Afrika Tengah pada abad ke 19. Diperkirakan alat musik ini menjadi komoditi perdagangan pada masa itu. Anda berminat membelinya?

Gereja dari tulang belulang manusia



The Sedlec Ossuary adalah sebuah gereja di negara Ceko. Didirikan pada abad pertengahan tepatnya pada tahun 1278, bangunan ini mengusung konsep gothic yang memang tengah berjaya pada masa itu. Raja Octar II yang saat itu berkuasa mengutus seorang biara bernama Henry ke Yerussalem untuk misi diplomatik. Sepulangnya dari tanah suci, Henry membawa sejumlah tanah dari Yerussalem dan disimpan di gereja tersebut.

Karena hal itu, banyak orang kaya yang meminta tubuhnya dimakamkan di gereja itu saat meninggal nanti. Karena banyaknya permintaan, akhirnya Raja Octar II memutuskan untuk menggunakan tulang belulang jenazah orang-orang kaya itu sebagai penghias arsitektur gereja. Tercatat 30.000 kerangka manusia sudah terpasang di gereja ini. Bagaimana menurut Anda? Terlihat indah atau justru menyeramkan?

Cincin gigi manusia



Ada-ada saja ide dari desainer bernama Polly Van Der Glass ini. Alih-alih menggunakan batu mulia untuk cincin buatannya, ia malah menggunakan gigi manusia sebagai 'permata' untuk cincin tersebut. Uniknya lagi. ia hanya memilih gigi yang sudah berlubang. Polly meyakini bahwa gigi manusia adalah simbol kecantikan sejati, dan ia rela membayar mahal bagi siapa saja yang mau 'menjual' gigi berlubangnya untuk diadikan aksesoris. Anda berminat?

Jaket dari rambut manusia



Jika Anda berpikir jaket yang terbuat dari bulu domba sudah terlalu mainstream, mungkin Anda bisa mencoba jaket hitam satu ini. Setelan yang diberi nama 'The Apex Predator' ini dibuat oleh rumah mode  Fantich & Young. Baju ini dibuat dari rambut manusia asli dengan hiasa bola mata di bagian depan. Tenang, bola mata yang digunakan tentu bukan bola mata asli. 

Walau terkesan aneh dan sedikit menyeramkan, nyatanya baju ini laris dibeli oleh penggemar mode. Pertanyaannya, apakah perlu shampo untuk mencuci baju nyentrik ini?

Baju dari kulit manusia



Kebudayaan Aztec yang kini telah hilang dulu dikenal sebagai salah satu peradaban paling hebat di dunia. Ada seorang dewa yang dipuja oleh masyarakat Aztec bernama dewa Xipe Totec, yang diwakili oleh keberadaan seorang 'imam'. Dewa ini diyakini sebagai penyembuh penyakit, dewa perang, hingga dewa yang membantu masa pubertas kaum laki-laki.

Sebagai persembahan untuk dewa ini, ada sebuah ritual bernama  'Tlacaxipehualiztli'. Para tahanan pria akan dibuat bertarung satu sama lain, dan bagi mereka yang kalah akan dikuliti dan kulitnya dijadikan pakaian untuk para imam Xipe Totec. Sungguh mengerikan bukan?

Buku dari kulit manusia



Sebuah buku yang diperkirakan berasal dari abad 16 hingga 19 ditemukan dalam kondisi utuh. Buku berjudul Des Destinées de l’Ame ini berisi tulisan tentang sisi spiritual dan jiwa manusia yang terikat di dalam takdir. Membahas tentang kehidupan manusia, buku ini rupanya juga menggunakan kulit manusia asli sebagai bahan pembuat kertasnya. Hal ini terungkap pada tahun 2014 lalu, saat ilmuwan menemukan bahwa unsur yang terkandung dalam kertas buku tersebut sangat mirip dengan kulit manusia. Mereka pun menamainya sebagai 'anthropodermic bibliopegy'. Siapa yang berani menyentuh buku ini?

baca juga : 6 Percobaan Ilmiah Pada Manusia Paling Sadis dan Mengerikan

Itulah 6 benda yang dibuat dari bagian tubuh manusia. Bagaimana menurut Anda? mana yang paling unik?

0 Response to "Ngeri, 6 Benda Ini Dibuat dari Tubuh Manusia"

Post a Comment