Penasaran, Apa Fungsi Benda yang Menggantung di Tenggorokan?

Anda mungkin pernah penasaran, apa sebenarnya fungsi benda yang menggatung di dalam tenggorokan Anda. Bisa ditebak, sebagian orang pasti akan mengatakan bahwa benda itu adalah pita suara. Namun, benda menggantung yang berbentuk seperti pendulum ini sebenarnya bukanlah pita suara. Lantas, apa nama benda ini dan apa fungsinya bagi tubuh manusia?

Para ilmuwan menamakan benda ini sebagai 'uvula'. Nama 'uvula' mungkin masih terdengar asing, sekilas ia juga terlihat tak memiliki fungsi apapun yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dulu, para ilmuwan sempat dibuat kebingungan mengenai apa fungsi dari 'uvula', terlebih letaknya dalam tubuh pun sangat aneh dan sedikit menghalangi jalan masuknya makanan.

baca juga : Ajaib, 6 Hewan Kecil Ini Mampu Bertahan dari Radiasi Nuklir

Setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun, ilmuwan berhasil menyimpulkan misteri mengenai fungsi uvula. Mereka menguji beberapa percobaan pada orang yang memiliki uvula dan orang yang tidak memiliki uvula dengan jalan pemotongan, atau disebut dengan istilah uvulopalatopharyngoplasty



Hasilnya, orang yang tidak memiliki uvula sering merasakan haus dan tenggorokan kering saat sedang berbicara. Mereka juga kesulitan untuk makan karena makanan jadi lebih sulit ditelan. Hal tersebut dikarenakan mulut mereka tidak lagi dapat menghasilkan cairan saliva, yang berfungsi sebagai 'pelumas' alami mulut agar senantiasa lembab dan nyaman. Saat tenggorokan kering, kita akan kesulitan untuk mengeluarkan suara. Di sinilah uvula akan bekerja dengan menghasilkan cairan saliva untuk membasahi tenggorokan dan mengurangi gesekan yang menimbulkan nyeri pada tenggorokan.



Selain itu, ilmuwan juga menemukan fungsi lain dari uvula. Uvula membantu mendorong makanan dan air yang masuk ke dalam mulut untuk melewati kerongkongan dan masuk ke dalam perut. Selain itu, uvula juga berfungsi untuk mengatur gerakan refleks tenggorokan saat kita ingin muntah. Bayangkan saja jika kita mengalami keracunan makanan atau merasa mual namun tidak dapat memuntahkannya keluar. Oleh karena itu, fungsi uvula sangatlah besar dan tidak bisa dianggap sepele.

baca juga : Idap Penyakit Langka, Bocah Bersisik Ini Mandi 2 Jam Sekali

Nah, itulah jawaban tentang apa fungsi benda yang menggantung di tenggorokan kita. Walaupun kecil dan terlihat aneh, rupanya uvula meiliki fungsi yang luar biasa bagi tubuh kita. Semoga dapat menambah wawasan baru Anda ya.

0 Response to "Penasaran, Apa Fungsi Benda yang Menggantung di Tenggorokan?"

Post a Comment