6 Fakta Unik Kentut Terkait Kesehatan Anda

Kentut adalah hal yang sangat normal bagi setiap manusia. Namun demikian, kentut bisa jadi memalukan jika tiba-tiba saja keluar di depan banyak orang, apalagi jika diiringi dengan suara khasnya. Oleh karena itu, banyak orang yang rela menahan kentut agar tak menanggung malu, terlebih di hadapan pasangan. Padahal, menahan kentut bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.


Nah, di balik aromanya yang kurang sedap, kentut bisa menjadi sinyal yang akurat mengenai kondisi tubuh kita. Kentut bisa menjadi pengukur kesehatan fungsi pencernaan, keseimbangan hormon, hingga metabolisme tubuh. Jika tidak kentut, ada beberapa resiko kesehatan yang mungkin terjadi dan akan membahayakan kesehatan. Melalui kentut, kita juga bisa mengetahui gangguan yang dialami tubuh dan segera menanganinya sebelum menjadi parah. 

Dikutip dari TipHero, berikut adalah fakta unik kentut terkait kesehatan Anda.

Kentut menandakan usus yang sehat

Di dalam usus, terdapat berbagai mikroorganisme dan bakteri baik maupun jahat. Setiap mikroorganisme tersebut membutuhkan 'gas' sebagai makanan mereka, sehingga mereka dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Gas yang dihasilkan oleh makanan seperti kacang, kol, dan brokoli akan membuat bakteri pencernaan bekerja lebih baik. Oleh karena itu, kentut dapat menjadi indikasi pencernaan yang sehat.

Kentut menandakan Anda salah makan

Tidak hanya menandakan usus yang sehat, dalam kondisi lain kentut juga menjadi tanda bahwa Anda salah makan. Jika perut tiba-tiba menjadi kembung dan terasa sulit untuk membuang gas, kemungkinan usus sedang kesulitan mencerna makanan. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah karbohidrat kompleks, gluten, dan makanan dengan gula yang tinggi.

Kentut menjadi pertanda masalah kesehatan serius

Jika Anda menjadi lebih sering membuang gas, disertai rasa nyeri dan aroma yang tak seperti biasanya, hal tersebut bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Segera hubungi dokter untuk menghindari kemungkinan terburuk seperti kanker usus.

Kentut menjadi pertanda perubahan hormon

Walaupun belum ditemukan apa hubungan kentut dengan perubahan hormon, namun gejala ini seringkali timbul pada orang yang sedang mengalami perubahan hormon. Bagi kaun hawa, perut kembung disertai frekuensi buang gas yang lebih sering bisa jadi pertanda menstruasi yang segera tiba. Kasus serupa juga sering ditemui pada wanita yang akan segera menopause.

Bau kentut sangat bermanfaat

Fakta satu ini mungkin akan mebuat Anda takjub, namun kentut yang aromanya tak sedap itu sungguh sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Unsur hidrogen sulfida yang menyebabkan kentut berbau tak sedap ternyata mampu menunjang fungsi mitokondria, yang berfungsi memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh, yang secara langsung dapat memperkecil resiko penyakit akibat kerusakan sel seperti  arthritis dan penyakit jantung.

Kentut membuat Anda lebih nyaman

Tak dapat dipungkiri, setelah kentut Anda akan merasa lebih lega dan nyaman. Pada dasarnya, kentut berfungsi membuang gas ang tak berguna dalam tubuh, seperti halnya buang air besar dan kecil.Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menahan kentut ya.

Itulah 6 fakta unik dan menarik mengenai kentut atau buang gas. Sesungguhnya Tuhan telah menciptakan tubuh kita dengan fungsi yang sangat menakjubkan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan adalah keharusan dan menjadi salah satu bentuk syukur kita pada Sang Pencipta. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru Anda ya :)

0 Response to "6 Fakta Unik Kentut Terkait Kesehatan Anda"

Post a Comment