6 Fungsi Lain Microwave yang Jarang Diketahui

Microwave adalah salah satu alat elektronik yang sangat membantu kegiatan di dapur. Biasanya, microwave digunakan untuk memanggang kue atau menghangatkan makanan. Cara kerjanya yang praktis membuat banyak ibu rumah tangga sangat mengandalkan benda satu ini saat memasak di dapur. Harganya pun bervariasi dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.


Selain memanggang kue dan menghangatkan makanan, microwave rupanya memiliki ragam fungsi lain yang masih jarang diketahui. Siapa sangka microwave bisa membantu Anda mengiris bawang tanpa harus membuat mata perih? Microwave juga bisa membantu meredakan kram perut saat menstruasi tiba. Penasaran, bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

Mengiris bawang tanpa air mata

Mengiris bawang bisa jadi urusan yang menyebalkan saat Anda harus meneteskan air mata karena sensasi perih yang ditimbulkan. Tenang, kini Anda dapat mengiris bawang dengan lebih bahagia. Masukkan bawang utuh yang telah diiris kepalanya ke dalam microwave dan nyalakan selama 30 menit. Iris bawang seperti biasa.

Membuat kompres panas

Butuh waktu cepat untuk membuat kompres handuk panas? Tak perlu menunggu waktu untuk mendidihkan air. Basahi handuk atau kain lalu gulungkan. Letakkan di dalam microwave pada temperatur tinggi selama satu menit. Kompres panas siap digunakan untuk meredakan nyeri otot atau nyeri kram saat menstruasi.

Membersihkan sendiri

Sering bingung bagaimana cara membersihkan microwave yang berkerak terkena bekas makanan? Microwave sebenarnya bisa 'membersihkan dirinya sendiri' lho. Campurkan air dengan cuka secukupnya dalam wadah anti panas, lalu panaskan dalam microwave selama 5 menit. Lap uap basah dalam microwave setelah dingin menggunakan spons. Noda-noda kerak pun akan terangkat dan microwave bersih seperti baru.

Melepaskan stempel kertas tanpa merusaknya

Jika Anda ingin melepaskan stempel kertas tanpa merusaknya, cukup teteskan sedikit air pada bagian yang ingin dilepaskan. Masukkan ke dalam microwave selama kurang lebih 20 detik. Lepaskan stempel secara perlahan.

Membuat jus lemon lebih banyak

Bagi Anda penggemar jus jeruk atau lemon, ada cara mudah untuk membuat jus lebih banyak dan juicy. Masukkan lemon atau jeruk utuh yang akan diperas ke dalam microwave selama beberapa menit. Dinginkan, kemudian belah dan peras seperti biasa. Dijamin jus akan lebih banyak, lebih juicy dan segar dari biasanya.

Membuat roti lebih empuk

Jika Anda memiliki roti tawar yang terlanjur mengering, cukup bungkus roti tersebut dengan tisu makanan yang telah dibasahi dengan sdikit air. Masukkan ke dalam microwave yang telah dipanaskan kurang lebih selama 10 menit. Roti pun akan kembali empuk dan enak dimakan.

Itulah 6 trik yang bisa Anda lakukan menggunakan microwave. Selamat mencoba ya :)

0 Response to "6 Fungsi Lain Microwave yang Jarang Diketahui"

Post a Comment