Jangan Dibuang, Inilah 7 Manfaat Hebat Kulit Jeruk

Siapa tak kenal buah jeruk? Buah satu ini memang sangat populer dan mudah dibeli di banyak tempat. Selain rasanya manis dan segar, buah jeruk juga digemari karena kandungan vitaminnya yang baik untuk kesehatan. Banyak sekali jenis jeruk yang dijual di pasaran, mulai dari jenis lokal seperti jeruk Brastagi hingga jenis impor seperti jeruk Florida.


Kebanyakan dari kita biasanya akan membuang kulit jeruk setelah dikupas. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa diberikan oleh kulit buah ini. Salah satu manfaat yang cukup populer adalah digunakan sebagai pembasmi nyamuk. Dikutip dari Just Health, ada ragam manfaat lain yang tak kalah hebat, mulai dari membasmi ketombe hingga mengatasi imsonia.

baca juga : Ajaib, Rumput Liar Ini Bisa Obati Stroke Hingga Autisme

Penasaran? Mari simak informasinya berikut ini.

Menyembuhkan infeksi, demam dan flu

Saat terserang demam ataupun infeksi, biasanya kita akan mengkonsumsi obat ataupun antibiotik. nah, jika Anda ingin mencoba cara alami yang lebih aman, cobalah kulit jeruk. Kulit jeruk kaya akan vitamin A dan C yang bersifat sebagai antioksidan dan mampu membantu penyembuhan saat terserang flu atau demam.

Menurunkan kadar kolesterol

Kulit jeruk mengandung senyawa yang mampu memerangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam pembuluh darah. Senyawa ini bahkan mampu meluruhkan kolesterol yang sudah menumpuk menjadi plak. Anda dapat merebus ataupun menyeduh kulit jeruk dengan air panas dan meminumnya sebagai teh.

Menghilangkan ketombe


Ketombe memang menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Banyak shampo yang diklaim mampu memerangi ketombe, namun biasanya ketombe masih sering muncul. Nah, daripada pusing, gunakan saja kulit jeruk. Haluskan kulit jeruk, khususnya yang bertekstur tebal dan balurkan ke kulit kepala. Untuk hasil maksimal, diamkan semalam dilanjutkan dengan keramas di pagi hari. Penggunaan rutin dijamin ampuh membasmi ketombe selamanya.

Menghilangkan bau nafas

Nafas yang bau tidak hanya mengganggu, namun juga membuat kita kurang percaya diri. Selain menggunakan obat kumur, ada cara lain yang tak kalah praktis. Gosokkan saja kulit jeruk bagian dalam pada gusi dan gigi. Bau nafas pun hilang seketika. Uniknya lagi, pnggunaan rutin bahkan mampu membuat gigi terlihat lebih putih.

Mengatasi sembelit

Selain obat pencahar, ada cara lain yang lebih alami dan aman untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Rebus kulit jeruk dn minum airnya. Kulit jeruk kaya akan serat yang bermanfaat bagi pencernaan, khususnya penderita sembelit. Tak hanya itu, bahan kimia aktif dalam kulit jeruk juga mampu mengatasi rasa mulas.

Mengatasi insomnia

Solusi menarik bagi Anda yang mengalami sulit tidur alias insomnia. Aroma kulit jeruk mampu menjadi aromaterapi yang menenangkan dan merangsang kantuk. Anda dapat merendamnya dalam air atau mencampurnya dengan minyak aromaterapi khusus sehingga aroma alami jeruk semakin kuat.

Mencegah kanker

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk akan memberikan manfaat yang lebih baik jika kita mengkonsumsi bersamaan dengan kulitnya. Kulit jeruk mengandung senyawa flavonoid yang mampu meningkatkan kinerja vitamin C sebagai antioksidan. Kandungan dalam kulit jeruk juga mampu mengikat racun dalam usus dan dalam jangka panjang bermanfaat sebagai pencegah kanker usus.

baca juga : Basmi Aroma Tak Sedap Pada Miss V dengan 4 Bahan Alami Ini

Itulah 7 manfaat hebat kulit jeruk yang mungkin belum Anda ketahui. Jadi, mulai tertarik mengkonsumsi kulit jeruk? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

1 Response to "Jangan Dibuang, Inilah 7 Manfaat Hebat Kulit Jeruk"