6 Fakta Unik Kehidupan Wanita Arab Saudi di Era Modern

Arab Saudi dikenal sebagai negara Islam yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Sudah jadi rahasia umum, bahwa para wanita di Arab Saudi tidak memiliki keleluasaan yang sama dengan wanita di negara lain. Wanita di Arab Saudi tidak diperkenankan bepergian seorang diri tanpa mahramnya. Mereka juga tidak diperbolehkan mengendarai mobil apalagi memiliki SIM. Hal ini tentu saja dikarenakan pemerintah Arab memiliki alasannya sendiri demi kebaikan masyarakatnya.

Banyak kabar yang mengatakan bahwa hidup sebagai wanita di Arab Saudi tidak menyenangkan. Gerak-gerik mereka sangat terbatas dan tidak begitu bebas untuk melakukan banyak hal. Padahal, faktanya wanita Arab Saudi bisa melakukan banyak hal dan menikmati hidupnya sebagaimana wanita di negara lain. Wanita Arab Saudi di era modern tidaklah terkukung sebagaimana kabar yang sering kita dengar. Mereka bisa menggunakan pakaian yang bergaya, menghadiri pameran mobil, pergi ke pantai, hingga berjualan. Mereka tetap berusaha melakukan bebagai kegiatan tanpa harus melanggar syari'at.

baca juga : 8 Aturan Nyeleneh di Korea Utara yang Bikin Gagal Paham

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah 6 fakta unik kehidupan wanita Arab Saudi di era modern. Silahkan disimak.

Wanita Arab juga suka berkumpul dengan sahabat


Yang namanya wanita, tentu sangat menyukai momen berkumpul dengan sahabat untuk sekadar mengobrol dan tertawa bersama. Wanita Arab pun sama, mereka memiliki teman dan sahabat di luar rumah dan sering berkumpul untuk menghabiskan waktu bersama. Saat bertemu sesama teman wanita, mereka biasa menggunakan pakaian yang tidak begitu tertutup dan lebih modis dari pakaian sehari-hari. Tentu saja, kaum Adam tidak diperbolehkan bergabung dalam obrolan ini.

Wanita Arab juga bisa eksis di media sosial

Wanita Arab biasanya terlihat bersahaja dan sederhana di lingkungan yang tak dikenal. Mereka sangat jarang berbicara terlebih pada lawan jenis. Namun saat ini, makin banyak wanita Arab yang nyaman berinteraksi dengan orang baru di sosial media seperti Instagram. Dengan sosial media, mereka merasa lebih mudah menunjukkan jati dirinya.

Wanita Saudi juga bisa tampil stylish dan menggemari mode


Mungkin kita biasa melihat wanita Arab Saudi dengan jubah hitam panjang hingga menutupi wajah. Pakaian tersebut adalah pakaian yang wajib dikenakan saat keluar rumah dan bertemu dengan orang banyak. Tujuannya, adalah untuk menutup aurat secara sempurna dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Mungkin sekilas para wanita ini jauh dari kesan stylish apalagi fashionable. Namun jangan salah, wanita Arab Saudi juga gemar bersolek dan berpakaian trendi. 

baca juga : 6 Festival Adat Aneh Ini Hanya Ada di India

Dikutip dari National Geographic, di Arab Saudi juga ada pegelaran busana atau fashion show dari para desainer terkenal. Bedanya, tamu yang boleh datang hanya kaum perempuan. Di saat seperti inilah, para wanita Arab akan berdandan dan mengenakan pakaian modis mereka. Mereka akan menyaksikan para model dengan pakaian trendi dan membeli beberapa. Syaratnya, mereka hanya boleh berpenampilan modis di hadapan suami dan sesama wanita saja.

Banyak wanita Arab yang kuliah dan bekerja


Jika Anda mengira wanita Arab hanya boleh berdiam diri di rumah dan melakukan pekerjaan rumah tangga, nampaknya Anda keliru. Saat ini, banyak sekali wanita Arab yang aktif di universitas bahkan bekerja di instansi umum. Bahkan, jumlah mahasiswi saat ini tercatat lebih banyak dari mahasiswa. Menjadi guru dan dokter adalah profesi yang digemari oleh wanita Saudi, dengan syarat hanya melayani pengguna jasa sesama wanita. Jadi, siapa bilang wanita Arab tidak bisa jadi wanita karir?

Wanita Arab boleh berjualan


Saat ini, bidang niaga di Arab Saudi tidak hanya didominasi kaum Adam. Pemerintah telah menerbitkan peraturan baru yang memperbolehkan wanita untuk berjualan. Barang yang dijual pun beragam, mulai dari makanan, pakaian hingga alat make up. Tentu saja, ada aturan khusus bagi wanita yang ingin berjualan. Pria lajang dilarang masuk sendirian ke toko milik pedagang wanita. Pria yang berkeluarga diperbolehkan masuk beserta istrinya, namun peraturan ini masih belum diterapkan di seluruh wilayah Arab Saudi.

Sisi lain pelarangan SIM untuk wanita


Peraturan pemerintah yang melarang peneribitan SIM untuk wanita telah menjadi perbincangan yang hangat bagi dunia internasional. Banyak pihak yang menyayangkan peraturan ini karena dianggap telah membatasi hak kaum perempuan. Namun nampaknya, para wanita di Arab Saudi tidak begitu ambil pusing dengan peraturan tersebut. Banyak wanita yang gemar mendatangi pameran otomotif dan mencoba berbagai macam mobil, walau hanya untuk sekedar berpose dan berfoto. 

baca juga : Seksi dan Garang, Inilah 6 Pegulat Wanita Tercantik

Nah, itulah 6 fakta unik kehidupan wanita Arab Saudi di era modern. Setiap negara tentu memiliki keunikannya masing-masing, termasuk Arab Saudi. Hal tersebut telah menjadi budaya yang tak dapat dilepaskan dan menjadi ciri khas dari setiap negara. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan baru bagi Anda ya.

0 Response to "6 Fakta Unik Kehidupan Wanita Arab Saudi di Era Modern"

Post a Comment