Tak Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Sup Tulang Bagi Kesehatan

Hari Raya Idul Adha sudah semakin dekat. Berbagai hidangan berbahan daging khas Idul Adha pun siap dicoba dan dinikmati. Ada gulai, rendang, soto, hingga nasi goreng kambing. Di antara sekian banyak hidangan daging, sup tulang adalah salah satu favorit bagi banyak orang. 


Hidangan sup tulang sendiri tak hanya populer di Indonesia. Beberapa negara di Timur Tengah dan Amerika Latin juga menggemari hidangan satu ini. Rasanya yang unik dan creamy tak hanya membuat perut senang. Ia mampu menghangatkan tubuh dan memiliki banyak manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja manfaatnya? Berikut adalah 6 manfaat sup tulang dikutip dari Life Hack.

baca juga : Ingin Payudara Lebih Kencang? Konsumsi 5 Makanan Ini!

Melawan Infeksi

Sedapnya sup tulang tak hanya membuat lidah bergoyang, namun juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Konsumsi dalam jumlah tepat mampu melawan infeksi dan virus flu dalam tubuh, juga menunjang penyembuhan pasca sakit menjadi lebih cepat.

Meredakan inflamasi dan nyeri sendi

Kandungan glukosanin alami dalam tulang mampu merangsang pertumbuhan kolagen, yang berfungsi meredakan nyeri pada sendi. Selain itu, sup tulang juga mengandung arginine yang berfungsi melawan inflamasi atau peradangan. Konsumsi jangka panjang dengan jumlah yang seimbang mampu menyembuhkan radang sendi tanpa takut kambuh lagi.

Membantu pertumbuhan tulang dan penyembuhan patah tulang

Hal ini nampaknya sudah menjadi manfaat yang paling terkenal dari hidangan sup tulang. Tulang sapi mengandung kalsium, fosfor dan magnesium yang tinggi yang berkhasiat merangsang pertumbuhan tulang, khususnya bagi anak-anak.

Membantu pencernaan

Sup tulang mengandung gelatin yang mampu melancarkan pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar. Gelatin juga berfungsi melindungi permukaan usus dari asam lambung berlebih, sehingga sangat baik bagi penderita sakit maag.

Mengatasi insomnia dan menenangkan pikiran

Mengapa Anda sering merasa senang setelah menyantap sup tulang? Rahasianya terletak pada kandungan asam amino yang tinggi. Asam amino memberikan efek rileks pada tubuh, membantu tidur lebih nyenyak, dan menenangkan pikiran yang suntuk.

Menyehatkan rambut, kulit dan kuku

Kandungan gelatin dan kolagen alami pada sup tulang mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru, mempertahankan kekuatan rambut dan kuku agar tak mudah patah dan senantiasa berkilau.

baca juga : 4 Tips Lahirkan Bayi Pintar Sejak dalam Kandungan

Itulah 6 manfaat yang terkandung dalam hidangan sup tulang. Ada baiknya Anda lebih bijak dalam mengkonsumsi hidangan ini, karena konsumsi berlebihan justru tak baik bagi kesehatan, khususnya bagi mereka penderita kolesterol tinggi. Jadi, sudah memutuskan mau masak apa di Idul Adha kali ini? 

0 Response to "Tak Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Sup Tulang Bagi Kesehatan"

Post a Comment