6 Trik Ampuh Hentikan Kebiasaan Ngorok Saat Tidur

Memiliki kebiasaan mengorok saat tidur tentu akan sangat mengganggu bagi kebanyakan orang. Walau terkesan sepele, kebiasaan buruk ini ternyata cukup berbahaya. Mengorok bisa menjadi indikasi kesehatan yang kurang baik. Bahkan, dikutip dari Brightside, kebiasaan mengorok jadi penyebab perceraian terbesar ke tiga di Amerika Serikat di Inggris Raya. Sebuah fakta yang cukup mengejutkan bukan?



Kebiasaan ini juga bisa membuat Anda malu saat harus tidur bersama dengan orang lain yang tidak mengorok. Walaupun sangat sulit untuk 'menyembuhkan' kebiasaan ini secara permanen, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meredamnya. Anda tak perlu takut lagi mengganggu istirahat pasangan Anda di setiap malam.

baca juga : Jangan Abaikan, 10 Gejala Ini Jadi Tanda Liver Bermasalah

Ramuan alami



Anda dapat mengkonsumsi daun jelatang untuk meredakan kebiasaan ngorok saat tidur. Rendam satu cangkir daun jelatang dengan dua cangkir air panas selama 10-15 menit. Minum sebagai teh tanpa gula atau pemanis lainnya sebelum tidur. Berkumur dengan air mint juga dapat membantu walau tak seampuh daun jelatang.

Tidur menyamping

Pada beberapa orang, tidur dengan posisi telentang dapat menyebabkan saluran pernafasan sedikit tertutup sehingga memicu suara ngorok. Cobalah tidur dengan posisi menyamping sehingga saluran pernafasan Anda lebih lancar.

Bersihkan rumah Anda



Salah satu penyebab kebiasaan mendengkur adalah alergi. Mungkin Anda tak menyadarinya, namun penyebab alergi tersebut bisa jadi ada di rumah Anda. Bersihkan rumah secara rutin, khususnya kamar tidur. Bersihkan setiap gorden, ranjang dan sudut ruangan dengan vakum cleaner untuk memastikannya tetap bersih.

baca juga : Jangan Lakukan Hal Ini Jika Anda Bergolongan Darah O!

Turunkan berat badan

Orang dengan berat badan berlebih, lebih beresiko mendengkur saat tidur karena saluran pernafasan dan paru-paru terhimpit lemak, khususnya di area leher. Jika Anda mengalami keluhan mendengkur setelah berat badan naik, bisa jadi itulah penyebabnya.

Gunakan penutup telinga

Percaya atau tidak, trik ini bisa membantu Anda berhenti mengorok saat tidur. Gunakan penutup telinga khusus atau kapas pada telinga Anda. Pastikan ukurannya tidak terlalu kecil agar aman bagi telinga. Disarakan agar cara ini tidak Anda lakukan setiap malam ya.

Bersihkan hidung sebelum tidur

Faktor lain yang dapat menyebabkan Anda mengorok saat tidur adalah hidung yang kotor dan dipenuhi lendir. Sebaiknya rutin bersihkan hidung sebelum tidur, khususnya menggunakan spray khusus pembersih hidung. Jika hidung Anda terus berlendir karena alergi, temukan penyebabnya dengan mengunjungi dokter dan hindari faktor pencetus tersebut.

baca juga : 6 Fakta Unik Kentut Terkait Kesehatan Anda

Nah itulah 6 trik sederhana yang bisa Anda coba untuk menghentikan kebiasaan ngorok saat tidur. Namun, jika trik-trik di atas belum berhasil, segera kunjungi dokter untuk menemukan penyebabnya. Penyebab lain yang umum datang dari dalam tubuh adalah kondisi septum yang bengkok atau rhinitis. Dibutuhkan kondisi khusus untuk menangani masalah tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya :)

0 Response to "6 Trik Ampuh Hentikan Kebiasaan Ngorok Saat Tidur"

Post a Comment