7 Trik Ampuh Usir Kecoa dari Rumah Secara Permanen

Kecoa adalah salah satu serangga yang sering bersarang dalam rumah. Rumah yang dipenuhi kecoa tentu akan membuat Anda merasa jijik dan tak betah. Kecoa seringkali muncul di kamar mandi, mengotori makanan, bahkan membuat kita terkejut saat ia tiba-tiba terbang ke udara. Tentu saja, jalan satu-satunya adalah dengan mengusirnya.



Mengusir kecoa bukanlah perkara yang mudah. Baik itu dipukul, diracun, hingga membersihkan sarangnya, kecoa bahkan dapat hidup hingga sembilan hari tanpa kepala. Tentu saja hal ini membuat Anda pusing bukan? Nah, agar kecoa tak lagi berlama-lama singgah di rumah Anda, ada baiknya mencoba untuk mempraktekkan 7 trik berikut ini, mulai dari yang termudah hingga cara yang sedikit ekstrim.

baca juga : Basmi Aroma Tak Sedap Pada Miss V dengan 4 Bahan Alami Ini

Menggunakan bahan alami

Ternyata, di balik sifatnya yang kotor dan bau, kecoa tidak menyukai beberapa aroma, yaitu aroma jeruk lemon, daun salam dan mentimun. Ambil salah satu bahan tersebut, iris kecil-kecil dan masukkan ke dalam wadah. Simpan wadah tersebut di tempat yang sering dilalui kecoa seperti di dapur, kamar mandi, lemari atau gudang.

Buat kecoa lapar

Rumah yang kotor dan banyak tersimpan sampah adalah surga bagi kecoa. Salah satu agar kecoa segara minggat dari rumah adalah dengan membuatnya lapar. Selalu jaga kebersihan rumah dan tutup wadah penyimpanan makanan dan air rapat-rapat. Jaga lantai selalu kering dan buang sampah segera sebelum menumpuk dalam rumah. Saat kecoa tak lagi menemukan makanan dalam rumah, dijamin ia akan segera pergi.

Pasang lampu di lemari makanan

Kecoa tidak menyukai tempat yang bersih dan terang. Usahakan setiap ruangan dalam rumah khususnya dapur selalu terang. Bila perlu, pasang lampu di wilayah gelap seperti di dalam lemari makanan atau rak-rak yang tersembunyi. Rumah yang terang dan bersih akan membuat kecoa tak nyaman dan segera pergi dari rumah Anda.

Tutup pipa bocor dan bersihkan wilayah yang tergenang air

Kecoa memanglah serangga yang tahan banting. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Florida, kecoa dapat bertahan hidup hingga 2 minggu tanpa makanan dan air. Tanpa makanan pun, kecoa dapat bertahan hidup hingga 42 hari hanya dengan minum air. Tutup semua pipa bocor yang menetes dalam rumah, khususnya pipa di bawah wastafel. Tempat yang lebab dan kotor adalah sarang favorit bagi kecoa.

baca juga : Penasaran, Apa Fungsi Benda yang Menggantung di Tenggorokan?

Pasang perangkap kecoa

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memasang perangkap. Usahakan untuk menggunakan perangkap yang tidak bersifat racun karena dapat menyebarkan racun tersebut ke tempat yang tersembunyi. Cara lain adalah dengan memasang toples atau gelas berisi air di tempat yang sering dilalui kecoa.

Bunuh kecoa

Jika cara-cara di atas masih belum manjur, jalan terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan membunuhnya. Gunakan alat apapun yang bisa digunakan sebagai pemukul, seperti kayu atau gulungan koran. Pastikan Anda segera membuang bangkai kecoanya ya. Sebaiknya buang bangkai kecoa ke dalam kloset.

Tutup jalan lalu lintas kecoa

Jika Anda sudah berhasil membersihkan kecoa dalam rumah, segera tutup celah-celah dari luar rumah yang bisa menjadi jalan lalu lintas bagi kecoa. Bersihkan pekarangan rumah dari tumpukan kayu atau rongsokan tak terpakai.Keoa sangat menyukai tempat-tempat lembab sebagai persembunyian, dan memungkinkan mereka kembali ke dalam rumah kapanpun mereka mau.

baca juga : Miris, 10.000 Anjing Disiksa dan Jadi Hidangan Festival di Cina

Nah itulah 7 trik untuk mengusir kecoa secara permanen yang bisa anda coba. Kunci utamanya adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya :)

0 Response to "7 Trik Ampuh Usir Kecoa dari Rumah Secara Permanen"

Post a Comment