8 Manfaat Hebat Mandi dengan Air Dingin

Setiap orang punya kebiasaan mandi yang berbeda.Ada yang suka menggunakan shower, ada juga yang suka menggunakan gayung. Ada yang lebih suka menggunakan sabun batang, ada juga yang lebih menyukai sabun cair. Namun, pada dasarnya setiap aktifitas mandi bertujuan untuk membersihkan tubuh dari kotoran agar segar kembali.


Bicara tentang mandi, Anda tentu pernah mandi dengan air hangat dan air dingin. Keduanya mmiliki manfaatnya masing-masing dan sama-sama mampu membersihkan tubuh kita. Anda dapat mandi dengan air hangat untuk merilekskan tubuh setelah lelah beraktifitas dan saat cuaca dingin. namun, mandi dengan air dingin ternyata lebih dianjurkan karena memberikan manfaat yang lebih banyak. 

baca juga : Basmi Aroma Tak Sedap Pada Miss V dengan 4 Bahan Alami Ini

Mandi dengan air dingin tak akan membuat Anda khawatir rambut menjadi rontok dan kering. Mandi dengan air dingin bahkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh! Lho kok bisa? Berikut 8 manfaat hebat mandi dengan air dingin yang perlu Anda ketahui.

Mengurangi depresi

Hidroterapi adalah sebuah teknik untuk berdiam diri di tempat yang lebih dingin dari biasanya untuk memberikan efek terapetik. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan aliran darah ke otak serta melepaskan hormon norepinefrin yang memberikan efek bahagia dan melawan depresi.

Menguatkan rambut

Keluhan paling umum pasca mandi air hangat atau panas adalah rambut yang kering dan rontok. Dengan air dingin, kelembaban rambut lebih terjaga dan membuatnya lebih kuat dibandingkan sering-sering mandi dengan air hangat.

baca juga : Basmi Aroma Tak Sedap Pada Miss V dengan 4 Bahan Alami Ini

Menyehatkan organ

Saat tersiram air dingin, sirkulasi darah akan menjadi lebih lancar menuju ke setiap organ dengan mebawa pasokan oksigen. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan organ.

Membakar kalori

Efek dingin saat mandi akan merangsang tubuh untuk 'menghangatkan' diri. Proses ini tentu membutuhkan tenaga yang dihasilkan dari pembakaran kalori.

Kulit kencang dan pori mengecil

Air dingin akan membuat pori-pori lebih kecil sehingga kulit terlihat lebih kencang dan halus. Berbeda dengan air panas yang justru membuat pori-pori terbuka sehingga kulit lebih rentan ditempeli kotoran setelah mandi.

Membuat lebih semangat

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan adrenalin secara alami dengan kadar yang cukup. Hal ini akan membuat Anda lebih semangat dan lebih berenergi saat beraktifitas.
Meredakan nyeri otot

Inilah mengapa dokter menyarankan kompres es batu saat otot kita terkilir atau untuk meredakan bengkak. Sama halnya dengan mandi air hangat yang dapat membuat otot rileks, mandi air dingin juga dapat memeberikan manfaat tersebut. Mandi air dingin sangat disarankan saat setelah latihan atau berolahraga.

Meredakan asam urat

Penelitian membuktikan bahwa berendam dengan air dingin, baik itu air tawar ataupun air laut, dapat menurunkan kadar asam urat yang merupakan salah satu penyumbang tingkat stres dalam tubuh.

baca juga : 6 Percobaan Ilmiah Pada Manusia Paling Sadis dan Mengerikan

Itulah 8 manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah mandi dengan air dingin. Semoga bermanfaat ya :)

0 Response to "8 Manfaat Hebat Mandi dengan Air Dingin"

Post a Comment