Hati-hati, Mainan Anak Ini Bisa Sebabkan Kebutaan

Saat ini, banyak sekali jenis mainan anak-anak yang beredar di masyarakat. Kita dapat membelinya dengan mudah mulai dari pasar tradisional, toko-toko, hingga penjual keliling. Jika dulu kita hanya mengenal mainan berupa boneka dan mobil-mobilan, kini banyak sekali varian mainan yang mungkin tidak populer sebelumnya, salah satunya adalah mainan laser.


Banyak anak yang menyukai mainan senter laser ini. Sinarnya yang unik sangat menarik perhatian dan membuatnya cukup laris sebagai mainan. Namun sayangnya, tak banyak yang mengetahui bahwa senter laser sebenarnya bukanlah mainan. Banyak resiko berbahaya yang mengancam keselamatan anak saat bermain dengan sinar laser, salah satunya kebutaan.


Sebuah kasus kebutaan akibat bermain laser baru-baru ini dilansir oleh Wittyfeed. Seorang anak kehilangan 75% penglihatannya setelah terkena sinar laser di matanya. Diketahui, orang tua anak tersebut tidak mengetahui bahaya dari mainan tersebut yang mereka belikan untuk menyenangkan sang anak.


Setelah dilakukan penyidikan, mainan laser yang digunakan memiliki daya yang cukup tinggi sehingga berpotensi menyebabkan cedera pada makula retina mata. Sinar laser dari sumber apapun dengan daya melebihi 5 miliwatt sangat berbahaya jika menyorot mata secara langsung, baik itu laser biru, merah ataupun hijau. Selain merusak mata, paparan laser juga bisa merusak kulit, bahkan membingungkan konsentrasi.


Sebuah percobaan bahkan menunjukkan sinar laser mampu menyalakan api pada sebatang korek jika diarahkan dalam waktu yang cukup lama. Laser hijau diketahui memiliki efek paling berbahaya paa retina dibandingkan laser merah ataupun biru.

baca juga : 6 Trik Ampuh Hentikan Kebiasaan Ngorok Saat Tidur

baca juga : Cara Redakan Sakit Kepala dalam 30 Detik Tanpa Obat

Mengingat bahayanya yang tak main-main, sebaiknya para orang tua lebih berhati-hati dalam membelikan mainan untuk anaknya. Pertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan anak. Sinar laser bukanlah mainan, oleh karena itu hindari penggunaan alat ini sebagai mainan anak walaupun anak terlihat menyukainya. Semoga bermanfaat ya :)

0 Response to "Hati-hati, Mainan Anak Ini Bisa Sebabkan Kebutaan"

Post a Comment