Ini 9 Penyebab Haid Sering Terlambat Selain Kehamilan

Haid atau menstruasi adalah siklus bulanan yang umum dialami oleh wanita. Haid menandakan tubuh dan sistem reproduksi yang sehat dan berjalan sebagaimana fungsinya. Siklus haid pada setiap wanita bisa saja berbeda, namun umumnya berlangsung antara 28-35 hari sekali. Namun demikian, haid seringkali datang terlambat hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu.



Ada beberapa penyebab mengapa haid sering datang terlambat hingga membuat wanita resah dan gelisah. Salah satu penyebab haid datang terlambat yang paling umum adalah terjadinya kehamilan. Banyak wanita yang merasa bahagia saat haid datang terlambat karena menduganya sebagai kehamilan, namun tak sedikit pula yang merasa panik karena kehamilan tersebut belum direncanakan secara matang.

baca juga : Ini Bahaya Zat dalam Kuteks Terhadap Kesuburan Wanita

Nah, sebenarnya ada banyak sekali penyebab si merah terlambat datang. Terlambat haid tak melulu berarti Anda sedang hamil, namun bisa jadi salah satu dari 10 faktor berikut ini.

Stres

Saat sedang stres, sistem dalam tubuh akan berusaha menyeimbangkan kondisi emosional dan 'mengistirahatkan' fungsi tubuh yang lain, salah satunya fungsi reproduksi. Inilah alasan mengapa wanita yang sedang stres sering terlambat datang bulan. Hal ini adalah normal dan tak perlu dirisaukan. Usahakan untuk meredam pemicu stres dan menenangkan pikiran agar haid kembali normal.

Sakit

Sama halnya dengan stres, saat tubuh sedang sakit, secara otomatis otak akan memprioritaskan kesembuhan tubuh dibanding fungsi tubuh lainnya. Jika haid terus 'dipaksa' keluar tepat waktu oleh otak, justru akan membuat tubuh semakin sakit dan penyembuhan jadi lebih lama.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah kondisi yang menyebabkan produksi hormon reproduksi menjadi tak seimbang. Selain haid sering terlambat, wajah akan ditumbuhi lebih banyak rambut dan sering berjerawat. Berat badan akan naik secara drastis dan meningkatkan resiko diabetes tipe 2. Waspadai gejala ini dan segera periksakan diri pada dokter ginekolog.

Konsumsi pil kontrasepsi

Saat mulai mengkonsumsi atau berhenti minum pil KB, rahim akan mengalami penyesuaian untuk menjalankan fungsinya kembali secara normal. Hal ini normal dan tak perlu dirisaukan. Haid akan kembali noral seiring waktu.

Diet tak sehat

Diet yang tak sehat akan membuat tubuh kekurangan nutrisi sehingga menghambat produksi hormon. saat hormon terganggu, sistem metabolisme akan terganggu termasuk siklus haid Anda. 

Terlalu banyak aktifitas

Aktifitas yang sibuk ditambah olahraga berat akan membuat tubuh gagal memproduksi estrogen. Inilah yang membuat banyak wanita sibuk dan para atlit mengalami haid tak lancar.

Berat badan naik atau turun secara drastis

Ketika terjadi perubahan apapun pada tubuh, hipotalamus pada oak akan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk menyeimbangkannya. Salah satu caranya adalah menunda menstruasi.

baca juga : 6 Fakta Unik Kehidupan Wanita Arab Saudi di Era Modern

Gangguan tiroid

Tiroid berfungsi menghasilkan hormon untuk mengatur metabolisme tubuh. Saat tiroid terlalu aktif, siklus haid akan semakin jarang dengan aliran darah yang sedikit. Sebaliknya, saat tiroid kurang aktif, haid akan menjadi lebih sering dengan aliran darah yang banyak.

Perubahan rutinitas

Saat rutinitas Anda berubah, siklus haid juga akan berubah. Hal ini merupakan proses adaptasi tubuh agar metabolisme senantiasa seimbang dan 'tidak kaget' dengan perubahan rutinitas yang tiba-tiba.

baca juga : Ajaib, Rumput Liar Ini Bisa Obati Stroke Hingga Autisme

Jadi, sudah tahu apa penyebab haid Anda sering terlambat? 9 faktor di atas bisa jadi penyebabnya. Menjaga kesehatan dan pola hidup seimbang akan sangat membantu siklus haid Anda sehingga menjadi lebih lancar. Namun sebaiknya segera hubungi ginekolog jika gejala yang Anda alami semakin parah.

0 Response to "Ini 9 Penyebab Haid Sering Terlambat Selain Kehamilan"

Post a Comment