5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Anda Cepat Tua

Setiap orang tentu memiliki ragam kebiasaan yang sering ia lakukan setiap hari. Berbagai kebiasaan yang dilakukan secara rutin akan membentuk pola yang konsisten. Ada kebiasaan baik, ada pula yang buruk. Tanpa disadari, berbagai kebiasaan tersebut memberikan dapak pada tubuh kita, baik dari segi kesehatan, psikis, hingga sosial.


Tahukah Anda, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang terlihat baik namun memberikan dampak yang buruk pada tubuh. Dikutip dari Brightside, ada beberapa kebiasaan yang kita anggap baik namun justru membuat tubuh jadi cepat tua. Kulit menjadi mudah keriput dan stamina pun taksebaik tubuh yang sehat pada umumnya. Tak ingin kan, di usia muda Anda justru terlihat memiliki wajah yang 'boros'? Lantas, kebiasaan apa saja yang bisa membuat kita cepat tua?

Diet rendah lemak

Hal ini seringkali dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Biasanya, orang tersebut akan memangkas asupan lemak sebanyak mungkin, dengan asumsi tubuh akan lebih cepat kurus. Namun, kebiasaan ini ternyata tak baik untuk kesehatan kulit. Kulit memerlukan asupan omega 3 yang terkandung dalam lemak untuk menjaganya senantiasa lembab dan kencang. Kekurangan lemak bisa membuat kulit kering dan mudah keriput.

Minum menggunakan sedotan

Minum menggunakan sedotan memang terasa lebih muudah dan nyaman. Namun kebiasaan ini bisa merubah bentuk bibir menjadi mengkerut, yang tentunya berdampak pada penampilan Anda. Hal yang sama juuga berlaku pada kebiasaan merokok. Belum lagi kandungan racun dalam rokok yang lebih berbahaya dibandingkan pola bibir yang berubah karena terbiasa dengan posisi menyedot.

Tidur menyamping

Posisi tidur inimemang jadi favorit bagi banyak orang. Namun, jika dibiasakan, posisi ini bisa merusak elastisitas kulit karena terus menerus menempel pada bantal dengan 'beban' yang tak sedikit.

Jarang menggunakan tabir surya

Kebanyakan dari kita hanya menggunakan krim tabir surya saat sedang pergi berlibur. Jangan salah, kulit memerlukan perlindungan dari sinar UV hampir sepanjang hari. Kulit yang sering terpapar sinar matahari tanpa pelindung sangat beresiko terkena penuaan dini bahkan kanker kulit.

Kurang tidur

Kebiasaan begadang tidak hanya membuat wajah terlihat gelap dan lelah, namun juga bisa memperpendek hidup Anda! Orang dewasa memerlukan setidaknya 7 jam tidur dalam sehari agar organ-organ tubuh dapat berfungsi secara optimal dan terhindar dari 'kerusakan'.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda cepat tua. Penuaan memanglah hal yang wajar dan alami. Namun, jika Anda bisa memilih untuk memperlambat datangnya penuaan, kenapa tidak? Semoga bermanfaat ya :)

0 Response to "5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Anda Cepat Tua"

Post a Comment