Redakan Tangisan Bayi dengan Menekan Titik Ini Pada Kaki

Menangis adalah satu-satunya cara bayi untuk mengungkapkan perasaan sakit atau tak nyaman. Bayi seringkali menangis saat lapar, popoknya basah, mainannya terjatuh, atau karena kondisi sekitarnya yang membuat ia takut. Kebanyakan orang tua pasti akan melakukan beberapa tindakan untuk meredakan tangisan sang bayi dengan memberinya makan, memeriksa popoknya, hingga mengusap-usap punggungnya untuk membuat bayi tenang kembali.

baca juga : 6 Fakta Unik Kentut Terkait Kesehatan Anda

Namun, apa yang harus Anda lakukan saat bayi tak berhenti menangis walaupun sudah melakukan tindakan di atas? Bisa jadi, bayi sedang merasakan sakit atau nyeri di salah satu bagian tubuhnya. Lantas, bagaimana cara kita memahami bagian tubuh mana yang sakit, dan bagaimana meredakannya?



Dilansir oleh Healthy Food Team, para orang tua dapat memberikan pengobatan pertama pada bayi hanya dengan sebuah pijatan. Terdapat beberapa titik khusus pada kaki bayi yang dapat kita pijat saat bayi tak berhenti menangis yang mungkin disebabkan oleh rasa nyeri. Berikut informasinya.

Sakit pada perut / gangguan pencernaan

Saat bayi sedang terkena kembung atau sembelit, tentu Anda akan merasa bingung mengobatinya. Tak perlu panik, cukup pijat perlahan daerah melengkung pada telapak kaki bayi. Titik ini berhubungan dengan sistem pencernaan sehingga dapat membantu meredakan berbagai keluhan seperti kembung dan sembelit.

Dada

Jika bayi mengalami sakit di daerah dada, seperti pilek, batuk dan kesulitan mengeluarkan dahak, Anda dapat memijat lembut area atas kaki di bawah susunan jari. Reflexology pada area ini terbukti mampu meringankan keluhan batuk berdahak dan melancarkan pernafasan bayi.

baca juga : Miris, 6 Tradisi Kejam Pada Hewan Ini Justru Dilegalkan Pemerintah

Sinus

Di setiap area tengah jari kaki bayi, Anda dapat memijat titik ini untuk memaksimalkan kinerja sinus saat bayi sedang flu atau pilek. Ingus atau lendir akan lebih mudah keluar sehingga bayi akan sembuh lebih cepat.

Panggul

Saat bayi menderita kekakuan otot di area panggul, Anda dapat memijat area tumit bayi. Namun perlu diingat agar Anda tidak melakukannya terus-menerus dan hanya menjadikannya sebagai pertolongan sementara. Jika keluhan berlanjut sebaiknya segera bawa bayi Anda ke dokter.

Kepala dan Gigi

Khusus keluhan kepala dan gigi, sebaiknya Anda melakukan pijatan hanya pada balita yang sudah bisa berbicara dan mengungkapkan titik sakitnya secara langsung pada Anda. Saat balita mengeluh sakit gigi atau kepala, Anda bisa memijat area pinggir jari kakinya bergantian. Gerakan ini dapat meredakan nyeri pada kepala dan gigi baik yang disebabkan oleh lubang/karies maupun pertumbuhan gigi.

Ulu hati

Agak sulit untuk mendeteksi sakit ulu hati pada bayi. Namun, jika diperlukan anda dapat memberikan pijatan pada area lengkungan telapak kaki bagian atas untuk meringankan rasa sakitnya.

baca juga : 4 Tips Lahirkan Bayi Pintar Sejak dalam Kandungan

Nah, itulah beberapa titik refleksi pada kaki yang bisa menjadi panduan untuk meredakan tangisan bayi akibat rasa nyeri. Pedoman di atas dapat Anda gunakan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan rasa sakit pada bayi jika merasa ragu untuk memberikannya obat. Jika keluhan berlanjut sebaiknya segera periksakan bayi Anda ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Redakan Tangisan Bayi dengan Menekan Titik Ini Pada Kaki"

Post a Comment