Jangan Abaikan, 10 Gejala Ini Jadi Tanda Liver Bermasalah

Liver atau hati adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh kita. Liver berfungsi untuk menyaring dan membuang racun-racun dan sisa metabolisme yang tak dibutuhkan dari tubuh kita, sehingga tubuh senantiasa sehat dan lebih kuat menangkal radikal bebas. Fungsi liver makin berat saat seseorang tenggelam dalam gaya hidup tak sehat dan kurang berolahraga. 

Mengingat tugasnya yang penting dan berat, liver sangat rentan terserang berbagai masalah penyakit, seperti hepatitits, sirosis, bahkan kanker. Masing-masing penyakit biasanya menampakkan gejala yang cukup spesifik, namun sayangnya banyak diabaikan oleh penderitanya karena dianggap terlalu biasa dan terkadang sangat samar.



Sebelum menjadi parah, ada baiknya Anda mulai mengamati gejala-gejala yang dialami tubuh. Berikut adalah 10 gejala yang umum dialami tubuh saat liver sedang bermasalah. Silahkan disimak.

baca juga : 5 Bahan Alami Ini Ampuh Obati Wasir Tanpa Operasi

Sering kram dan sakit perut

Organ liver terletak pada bagian kanan dada di atas perut. Saat fungsinya terganggu, area tersebut akan sering mengalami kram dan terasa sakit. Jika gejala ini terus berulang dan makin parah setiap harinya, bisa jadi liver Anda sedang bermasalah.

Kurang nafsu makan

Salah satu fungsi liver adalah menghasilkan empedu untuk memecah sari-sari makanan dan menimbulkan rasa lapar. Kehilangan nafsu makan bisa jadi salah satu tanda kerusakan hati, karena jika produksi empedu terbatas, metabolisme menjadi lambat, dan rasa kenyang yang tak biasa pada perut.

Sembelit

Produksi empedu yang terhambat juga dapat menimbulkan keluhan sembelit atau susah buang air besar. Penderita biasanya akan mengobatinya dengan memperbanyak makanan berserat atau minum obat pencahar, namun sembelit masih terus berlanjut dalam beberapa minggu.

baca juga : 7 Trik Ampuh Usir Kecoa dari Rumah Secara Permanen

Sering mual dan muntah

Saat fungsi liver terganggu, racun akan mulai menumpuk dalam tubuh khususnya dalam saluran pencernaan. Untuk menetralisirnya, tubuh akan merangsang rasa mual sehingga racun dapat dimuntahkan. Jika Anda sering muntah tanpa alasan yang jelas, sebaiknya hubungi dokter untuk memeriksakan kesehatan liver Anda.

Perubahan warna urine

Penderita gangguan hati biasanya akan mengalami perubahan warna pada urine. Kadar bilirubin yang dihasilkan oleh ginjal tak mampu lagi disaring oleh liver sehingga membuat warna urine menjadi lebih gelap dari biasanya.

Perubahan warna feses

Gejala yang paling menonjol dari penderita gangguan liver adalah adanya perubahan pada wara feses menjadi lebih kuning atau bahkan abu-abu.

Perut kembung

Saat kondisi liver makin parah, perut akan terlihat kembung karena adanya timbunan cairan liver di dalam perut. Kondisi ini cukup berbahaya jika tak ditangani dengan tepat.

baca juga : Ingin Payudara Lebih Kencang? Konsumsi 5 Makanan Ini!

Kaki dan tangan bengkak

Selain menumpuk dalam perut, cairan yang dihasilkan akan menjalar ke organ tubuh lain seperti tangan dan kaki. Tangan dan kaki penderita akan teasa bengkak dan lembek saat disentuh.

Kelelahan 

Saat liver tak mampu lagi mengolah dan membuang racun dalam tubuh, racun akan mulai menjalar ke dalam darah, organ dan jaringan otot. Metabolisme akan melambat sehingga menyebabkan perasaan lelah yang tak kunjung hilang walau sudah beristirahat dan tak melakukan pekerjaan berat.

Kulit jadi lebih sensitif

Gejala lain yang seringkali diabaikan adalah peningkatan sensitifitas pada kulit. Kulit akan sering terasa gatal dan memerah, serta urat-urat yang terlihat lebih menonjol.

Sekian adalah beberapa gejala umum dari kerusakan liver yang seringkali diabaikan oleh penderitanya. Sebaiknya segera hubungi dokter jika Anda mengalami lebih dari 3 gejala di atas untuk mendapatkan penanganan.

0 Response to "Jangan Abaikan, 10 Gejala Ini Jadi Tanda Liver Bermasalah"

Post a Comment