5 Penyebab Umum Wanita Sulit hamil

Bagi pasangan yang sudah menikah, memiliki momongan tentu menjadi anugerah indah yang sangat dinantikan. namun sayangnya, tidak semua pasangan bisa mendapatkan keturunan dengan mudah. Penyebabnya pun beragam, mulai dari dugaan kemandulan, gangguan kesuburan, hingga karena adanya penyakit reproduksi.

Pihak wanita seringkali menjadi korban  sebuah rumah tangga tak kunjung mendapatkan anak. Ya, wanita memang rentan mengalami berbagai resiko kesehatan yang membuatnya sulit melahirkan anak. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang dapat membuat seorang wanita sulit hamil. selain gangguan kesuburan, riwayat hidup sebelum kehamilan yang diharapkan juga dapat menjadi penghalang wanita untuk meminang momongan. Apa sajakah penyebab tersebut? Adakah cara untuk menghindarinya?

Kemandulan

Hal ini memang menjadi mimpi buruk bagi hampir semua orang. Kemandulan bisa terjadi tak hanya bagi wanita, namun juga pria. Hanya saja wanita beresiko lebih besar mengalami kemandulan. 75 persen penderita kemandulan adalah wanita.

Penyakit radang panggul

Penyakit yang dikenal sebagai PID dalam dunia kedokteran ini adalah kondisi terinfeksinya oran yang berada di daerah panggul akibat luka, baik akibat kecelakaan atau prosedur bedah.

Riwayat aborsi

Hal ini sudah menjadi perbincangan yang cukup hangat di masyarakat, bahwa wanita yang pernah melakukan aborsi beresiko mengalami kemandulan. Hal tersebut cukup beralasan, khususnya bagi prosdur aborsi yang tidak aman. Aborsi dapat menyebabkan luka pada saluran telur menuju tuba falopi serta jalan masuk sprema ke dalam rahim, sehingga potensi kehamilan menjadi sangat tipis.

Ketidakseimbangan hormon tiroid

Saat wanita mengalami gangguan hormone tiroid atau hormon adrenal lainnya,metabolisme tubuh akan terganggu, termasuk siklus haid. Hal ini tentu akan mengganggu proses ovulasi  dan pembuahan. Adapun wanita yang mengalami gangguan tiroid berhasil hamil, tingkat hormone tiroid dalam tubuh harus senantiasa dikontrol agar kehamilan berjalan lancar dan sehat.

Kelebihan hormon prolaktin

Prolaktin berfungsi untuk merangsang produksi ASI pada wanita menyusui.Hormon ini bisa saja terus diproduksi setelah  proses menyusui terhenti. Walaupun dapat membuat ASI terus berlimpah, kelebihan prolactin dapat menghentikan ovulasi sel telur sehingga berimbas pada kemandulan.

Itulah 5 penyebab umum wanita sulit hamil. Dibutuhkan diagnose yang tepat mengenai apa penyebab wanita sulit hamil agar penangannya sesuai dan dapat membuahkan hasil. Semoga bermanfaat ya 

0 Response to "5 Penyebab Umum Wanita Sulit hamil"

Post a Comment