Inilah Biaya Kuliah di Universitas Favorit di Seluruh Dunia

Kuliah di universitas terkenal seperti Harvard atau Oxford University adalah impian bagi banyak orang, khususnya bagi mereka yang baru menamatkan pendidikan di SMA. Menjadi kampus yang diidam-idamkan, tentu saja membuat harga yang harus ditebus untuk belajar disana begitu mahal. Namun rasanya, harga yang mahal terasa sebanding dengan ilmu dan pengalaman yang akan ditempuh.

Mahalnya biaya untuk kuliah di universitas-universitas favorit pada akhirnya membuat program beasiswa menjadi sangat diburu oleh para pelajar. Tak hanya Harvard dan Oxford, universitas lain seperti University of Cambridge di Inggris pun tak kalah memikat. Lantas, semahal apakah harga yang harus ditebus jika kita menempuh jalur reguler? Berapakah biaya yang harus disiapkan untuk kuliah di kampus-kampus bergengsi tersebut? Berikut informasinya seperti dilansir oleh Brightside.
baca juga : Begini Gaya Hidup Pangeran Dubai yang Tampan
Harvard University (Amerika Serikat)



Bisa dibilang, Harvard University adalah salah satu kampus terbaik dan paling populer yang menjadi incaran banyak mahasiswa dari seluruh dunia. Didirikan pada tahun 1636, Harvard University tercatat sebagai kampus tertua di Amerika Serikat. Menjadi salah satu kampus paling bergengsi,pendapatan kampus ini mencapai sekitar  $22,6 miliar pada tahun 2004.

Ada banyak fakultas yang tersedia di kampus ini, di antaranya pendidikan, pemerintahan, kesehatan, hukum hingga bisnis. Adapun biaya yang harus disiapkan untuk menempuh pendidikan di sana adalah $45.278 atau sekitar 590 juta Rupiah.

Massachussets Institute of Technology (Amerika Serikat)



Berpredikat sebagai kampus swasta, nyatanya universitas yang terletak di kota Boston ini menjadi favorit dan tujuan banyak mahasiswa dari seluruh dunia. Memusatkan studinya di bidang teknologi, kampus ini telah meluluskan banyak tokoh penting dan pendiri perusahaan terkenal seperti Intel, Qualcomm, hingga Genentech. Mantan Sekjen PBB, Kofi Annan, juga menempuh pendidikannya di kampus ini. 

Untuk mendapatkan gelar sarjana di Massachussets Institute of Technology, Anda perlu menyiapkan dana sebesar $46.704 atau sekitar 609 juta Rupiah.
baca juga : Awas Kena Tilang, Ini Arti Garis Warna Putih dan Kuning di Jalan Raya
University of Oxford (Inggris)



Universitas ini terkenal sebagai kampus yang paling sulit dimasuki calon mahasiswa, karena persyaratan dan seleksi yang sangat ketat. Kampus bergengsi ini telah melahirkan banyak tokoh cendekiawan dan  penerima penghargaan Nobel. Bersama University of Harvard, kampus ini selalu konsisten menduduki peringkat 5 besar kampus terbaik di dunia. Tercatat, kampus ini telah menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Good University Guide selama sebelas tahun berturut-turut.

Untuk menempuh pendidikan di sini, biaya yang diperlukan ternyata cukup miring dibandingkan kapus pesaingya, Universit of Harvard, yaitu $27.752 atau sekitar  362 juta Rupiah.

University of Cambridge (Inggris)



University of Cambridge terkenal dengan persyaratan masuk yang super ketat dan sulit, bahkan diakui sebagai yang paling ketat di dunia. Tak heran, mahasiswa di sana terkenal cerdas. Didirikan pada tahun 1209, kampus ini menjadi kampus berbahasa Inggris tertua kedua di dunia setelah University of Oxford. Memiliki total mahasiswa sebanyak 16.500 orang, kampus idaman ini memasang rata-rata biaya sebesar $29.927 atau sekitar 390 juta Rupiah.
baca juga : Jangan Lakukan Hal Ini Jika Anda Bergolongan Darah O!
University of Toronto (Kanada)



University of Toronto adalah kampus terbesar dan paling bergengsi di Kanada. Didirikan pada tahun 1827, kampus ini dikenal sebagai pusat berbagai penelitian khususnya ilmu kedokteran. Banyak tokoh penting Kanada adalah lulusan kampus ini. Tak hanya menjadi favorit pelajar di Kanada, kampus ini juga menjadi tujuan favorit pelajar asing yang tak kalah menggoda dibandingkan kampus-kampus di Amerika dan Inggris.

Adapun rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliah di kampus ini adalah sebesar $31.000 atau sekitar 404 juta Rupiah.

Royal Institute of Technology (Swedia)



Walaupun tak memiliki nama sebesar Universitas Harvard atau Oxford, kampus ini terbukti handal mencetak sarjana yang unggul. Swedia sendiri memiliki sistem pendidikan yang membatasi pemberian gelar sarjana hanya untuk mereka yang bersekolah di kampus tertentu. Royal Institute of Technology sendiri memfokuskan diri di bidang teknik dan kedokteran. Untuk kuliah di kampus ini, biaya yang perlu disiapkan adalah sebesar 300 juta Rupiah.
baca juga : Seksi dan Garang, Inilah 6 Pegulat Wanita Tercantik
Australian National University (Australia)



Terletak di kota Canberra, Australia, kampus ini tercatat sebagai peringkat 23 dari 200 kampus terbaik di dunia versi  Times Higher Education Supplement. Selain itu dalam tangga yang sama, ANU juga menduduki peringkat 10 untuk kesenian dan ilmu kemanusiaan. Membuka 7 fakultas utama dan beberapa institut, kampus ini menjadi tujuan favorit banyak mahasiswa asing termasuk mahasiswa Indonesia.

Kampus ini juga menjadi anggota dari perkumpulan kampus terbaik di Pasifik (Association of Pacific Rim Universities) bersama dengan Universitas Indonesia dan 14 kampus lainnya dari berbagai negara. Untuk kuliah di sini, Andaperlu menyiapkan dana sebesar 352 juta Rupiah.

Itulah sekilas informasi mengenai kisaran biaya kuliah di berbagai kampus favorit di dunia. Kampus mana yang menjadi kampus impian Anda? Semoga cita-cita Anda berkuliah di sana dapat tercapai ya!

0 Response to "Inilah Biaya Kuliah di Universitas Favorit di Seluruh Dunia"

Post a Comment