Mengapa Mata Terlihat Merah Saat Difoto? Ini Alasannya

Teknologi fotografi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Saat ini, hampir setiap orang memiliki kamera baik itu kamera konvensional maupun kamera handphone. Dari sekian banyak foto yang Anda ambil, mungkin anda pernah menemukan foto Anda atau orang lain dengan mata yang terlihat merah, khususnya pada foto-foto lama yang diambil menggunakan kamera berlensa negatif.


Mata merah saat difoto merupakan salah satu masalah fotografi yang masih belum bisa dihindari hingga saat ini. Lantas, apakah penyebabnya? Mungkinkah karena kamera atau mata Anda yang mengalami kerusakan? Dikutip dari Brightside, ada beberapa faktor yang membuat mata terlihat merah saat difoto. Silahkan disimak.

Efek mata memerah saat difoto biasanya bergantung pada tingkat cahaya. Di tempat dengan pencahayaan kurang, pupil mata akan membesar agar mata dapat menerima cahaya lebih banyak. Ketika berfoto di tempat gelap, kita biasanya menggunakan lampu flash bukan? Nah, saat lampu flash menyala dengan cepat, pupil mata yang sudah membesar tidak sempat mengecil lagi untuk menerima cahaya dari lampu flash. Saat itulah, cahaya lampu akan menembus koroid hingga retina. Retina mata mengandung banyak sekali pembuluh darah. Oleh karena itu, mata pun terlihat merah saat foto sudah diambil.


Walau demikian, tidak semua orang matanya akan terlihat merah saat difoto. Mungkin Anda pernah menemukan foto lama dengan banyak orang namun hanya mata Anda saja yang terlihat merah. Hal ini disebabkan mata memandang langsung ke arah lensa kamera.

Saat ini, banyak kamera yang mengembangkan teknik baru untuk meminimalisir resiko mata terlihat merah saat difoto. Kamera akan melakukan pre-flash sebelum flash sesungguhnya sehingga pupil memiliki waktu untuk mengecil sebelum menerima cahaya yang besar dari lampu flash.

Jadi, sudah tahu kan mengapa beberapa foto masa kecil Anda terlihat 'menyeramkan'? Semoga menambah wawasan baru Anda ya!


0 Response to "Mengapa Mata Terlihat Merah Saat Difoto? Ini Alasannya"

Post a Comment