Awas, 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Masalah Tiroid

Tubuh manusia memiliki sistem yang sangat menakjubkan. Tak hanya organ penting seperti jantung, tubuh juga menghasilkan hormon-hormon tertentu untuk menjaga fungsi organ-organ itu sendiri, salah satunya adalah kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon esensial bagi metabolisme tubuh.


Kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di leher ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia. Ia bertugas mengatur metabolisme dan kinerja organ-organ penting seperti jantung dan organ reproduksi. Gangguan pada tiroid dapat berimbas pada menurunnya kualitas hidup seperti gangguan memori, mood tidak stabil, irama jantung tidak teratur hingga gangguan kesuburan.

Walau memiliki peran yang sangat penting, fungsi thyroid masih terasa asing bagi sebagian orang. Ada ragam kebiasaan sehari-hari yang dapat mengganggu fungsi thyroid hingga menyebabkan berbagai keluhan seperti pembengkakan, produksi hormon tak seimbang, tumor, hingga kanker tiroid.

Stres

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Brain Research, stres berlebih dapat memicu gangguan tiroid yang berakibat pada gangguan memori. Ada dua kondisi yang menjadi gangguan yaitu hipertiroid dan hipotiroid. Keduanya sangat berbahaya jika tidak segera dilakukan tindakan yang tepat.

Merokok


Asap rokok dapat menghambat kelenjar tiroid untuk mensintesis hormon. Kondisi ini akan memicu terjadinya hipothyroid atau tubuh kekurangan hormon. Kondisi ini ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, mata bengkak, kerontokan rambut serta nyeri pada otot. Hipotiroid jangka panjang dapat memicu kerusakan hati dan serangan jangtung.


Konsumsi kedelai


Pada beberapa orang, konsumsi kedelai dapat mengganggu produksi hormon thyroid karena komponen anti tiroid berupa goitrogens.


Konsumsi sayuran mentah

Studi yang dilakukan Oregon State University mengungkapkan bahwa konsumsi sayur mentah berupa kol dan lobak dalam jangka waktu panjang dapat memicu gangguan tiroid. Ha ini disebabkan oleh glucosinolates yang bersifat sebagai sekresi hormon tiroid. Resiko ini makin tinggi dialami oleh mereka yang kekurangan yodium.

Paparan Radiasi

Orang yang bekerja di lingkungan terpapar radiasi seperti tenaga nuklir lebih beresiko terkena kanker tiroid.

Mengingat pentingnya fungsi tiroid, alangkah lebih baik jika Anda melakukan pencegahan dengan selalu menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, serta memantau asupan gizi dengan baik. Gangguan tiroid sendiri dapat disembuhkan baik melalui operasi hingga terapi hormon dengan prosedur yang sedikit rumit.

Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda ya

0 Response to "Awas, 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Masalah Tiroid"

Post a Comment