Perut Buncit Isinya Bukan Lemak, Ini Penyebabnya

Perut yang uncit adalah masalah yang cukup menjengkelkan bagi sebagian orang.Tak hanya mengganggu penampilan, perut buncit juga dikhawatirkan akan memicu berbagai penyakit seperti obesitas. Perut yang membuncit biasanya dialami oleh mereka saat memasuki usia paruh baya, khususnya kalangan pria.



Banyak yang mengira bahwa perut buncit adalah akibat dari lemak yang menumpuk. Hal tersebut bisa jadi benar, jika penyebabnya adalah pola makan tak sehat dan jarang berolahraga. tapi tahukah Anda, penyebab perut buncit tak hanya karena lemak. Anda perlu mengetahui penyebab lainnya sebelum memutuskan berdiet. Bisa jadi, 5 faktor berikut yang membuat perut Anda kian membuncit.

baca juga : 6 Percobaan Ilmiah Pada Manusia Paling Sadis dan Mengerikan
Kurang minum

Salah satu penyebab perut buncit adalah kurangnya pasokan air putih, terlebih jika Anda lebih sering mengkonsumsi kopi atau teh. Idealnya, tubuh memerlukan pasokan air sebanyak 6-8 gelas per harinya. Saat kekurangan air, organ dalam tubuh akan melakukan retensi cairan yang mengisi perut Anda sehingga membuatnya tampak buncit. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Jadi, pastikan Anda selalu minum air dala jumlah cukup ya.

Gangguan pencernaan

Pencernaan yang tidak sehat akan membuat perut dipenuhi kotoran dan gas. Inilah yang membuat perut Anda kian membuncit, bukan lemak! Usahakan untuk mengkonsumsi makanan berserat dan kurangi konsumsi junk foof karena dapat menumpuk kotoran dalam perut dan membuatnya buncit.

Stres

Tekanan pekerjaan dapat memicu otak untuk meredam stres hingga fungsi lain dalam tubuh sedikit 'terabaikan'. salah satunya adalah pencernaan. Stres akan membuat siklus buang air menjadi tidak teratur dan perut dipenuhi oleh gas sehingga terlihat buncit.
baca juga : 6 Makanan Ini Bersihkan Paru-paru dari Tar dan Nikotin
Makan terlalu cepat

Jika Anda terbiasa makan dengan cepat, makanan tidak akan terkunyah dengan baik. Hal ini menyebabkan makanan dicerna lebih lama dalam perut dan membuat pencernaan bekerja lebih keras. Hal ini akan merangsang munculnya gas dan kembung yang membuat perut menjadi buncit. Biasakan makan secara perlahan dan kunyah makanan secara sempurna untuk menghindari resiko perut buncit ya.

Karbohidrat

Tak hanya lemak, terlalu banyak mengkonsumsi lemak juga dapat membuat perut Anda buncit lho! Terlebih jika diiringi dengan konsumsi gula berlebih. Sebaiknya konsumsi karbohidrat secukupnya dan jangan mengkonsumsi banyak karbohidrat dalam waktu bersamaan. Misalnya, makan mi bersama nasi atau kentang. Kebiasaan tersebut akan membuat perut terlihat buncit.

baca juga : Bersihkan Racun dalam Darah dengan 5 Makanan Ini
Nah, ternyata perut buncit tak selalu disebabkan oleh lemak. 5 faktor di atas bisa menjadi penyebabnya. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat.

2 Responses to "Perut Buncit Isinya Bukan Lemak, Ini Penyebabnya"