6 Manfaat Tak Terduga Daun Kol Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kol adalah salah satu sayuran yang sering digunakan sebagai bahan masakan Indonesia. Ia mudah dicari dan harganya pun relatif murah. Berbagai jenis masakan dapat diolah dengan menggunakan bahan kol, sebut saja bakwan, sayur sop, lotek dan tongseng daging. Rasanya yang renyah dan segar menjadi favorit banyak orang.

Walau telah digunakan sebanyak bahan untuk banyak masakan, rasanya manfaat dan kandungan gizi dari kol sendiri masih asing untuk sebagian orang, sebut saja zat sulfur bahkan vitamin C! walaupun murah meriah, ternyata kol memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, yang mungkin tak pernah Anda pikirkan. Manfaat apa saja? Berikut ulasannya.

Mengatasi nyeri dan bengkak setelah menyusui


Nyeri dan bengkak setelah menyusui bisa menjadi masala yang cukup menyebalkan bagi para ibu. Hal tersebut juga dapat membingungkan sebab ibu menyusui tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat. Nah, tak perlu risau. Cukup tempelkan selembar daun kol pada dada ibu saat sedang tidak menyusui. Kol dapat menetralisir nyeri dan bengkak akibat menyusui terlalu lama.

Mengobati bengkak

Saat salah satu anggota tubuh mengalami bengkak karena terbentur atau radang, tak perlu panik. balut area yang bengkak dengan lembaran kol, diamkan selama semalam. Keesokan paginya, bengkak akan segera sembuh.

Mengobati sakit kepala

Percaya atau tidak, daun kol dapat meredakan nyeri tanpa harus mengkonsumsi obat. Jika Anda mengalami sakit kepala, letakkan beberapa lembar kol di atas dahi sebagai kompres. Pejamkan mata Anda beberapa saat hingga nyeri mereda.

Menyehatkan kulit dan rambut


Anda dapat membuat masker dari daun kol untuk kulit wajah dan rambut Anda. Kol mengandung zat sulfur yang baik untuk menumpas racun dan jamur pada wajah dan kulit kepala sehingga membuatnya lebih bersih dan sehat.

Mencegah kanker dan meluruhkan racun dalam tubuh

Kol memiliki fungsi detoksifikasi yang dapat meluruhkan racun yang mengendap dalam tubuh serta mencegah terjadinya kanker. Kol mengandung zat lupeol, sinigrin dan sulforaphane yang dapat merangsang produksi enzim tertentu untuk menetralisir racun dan zat berbahaya dalam tubuh kita.

Menurunkan berat badan


Karena racun-racun dalam tubuh telah dinetralkan,pencernaan pun menjadi lebih sehat sehingga berat badan menjadi terkontrol. Daun kol khususnya dalam keadaan mentah mampu menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Itulah 6 manfaat kol yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya. Semoga dapat menambah wawasan baru Anda ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya :)

0 Response to "6 Manfaat Tak Terduga Daun Kol Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment