5 Kisah Langka dan Miris Anak yang Terlahir Tanpa Wajah

Setiap orang tua tentu ingin anaknya terlahir sehat dan sempurna. Berbagai upaya dilakukan sejak masa kehamilan mulai dari menjaga asupan gizi hingga mengajak si jabang bayi mengobrol untuk menumbuhkan ikatan batin sejak dalam perut. Namun sayangnya, tidak semua orang tua dapat menebus impiannya dengan melahirkan anak yang sehat tanpa kurang suatu apapun.

Banyak sekali kasus bayi terlahir dengan fisik yang kurang sempurna. Dari sekian banyak jenis cacat fisik sejak lahir, beberapa diantaranya terkesan sangat mengerikan dan menjadi mimpi buruk bagi hampir semua orang tua, yaitu cacat wajah. 

5 anak berikut ini tak hanya lahir dengan cacat di salah satu bagian wajah namun seluruhnya. Bisa dibilang, anak-anak berikut terlahir tanpa wajah seperti halnya anak-anak yang lain. Namun demikian mereka tetap bersemangat menjalani hidup dan mencari berbagai pengobatan. Bagaimana kisah mereka?

Juliana Wetmore, gadis tanpa wajah jalani 45 prosedur operasi


Kisah Juliana begitu menggemparkan hingga membuatnya dijuluki 'Gadis Tanpa Wajah'. Juliana terlahir dengan kondisi langka bernama Treacher Collins syndrome yang membuatnya tak memiliki 40 persen bagian tulang wajah. Saat lahir, wajahnya sangat tak berbentuk hingga membuat ibunya terkejut.


Kini Juliana telah berusia 11 tahun dan duduk di bangku SD. Juliana telah menjalani 45 prosedur operasi untuk membentuk wajahnya hingga saat ini. Walau memiliki kekurangan, Juliana tak pernah minder dan pintar bergaul. Ia juga pandai berenang. Kendala Juliana saat ini adalah ia belum bisa makan sendiri dan hanya bisa mengandalkan pasokan makanan cair yang dimasukkan melalui selang. Walau demikian, Juliana mengaku sudah cukup puas dengan wajahnya dan tak ingin menjalani lagi operasi lainnya.

Danica, gadis yatim piatu dengan kondisi sama kini menjadi saudara Juliana


Juliana memiliki dua saudara kandung yang sangat menyayanginya. Hingga suatu hari kedua orang tuanya menemukan gadis dengan kondisi yang sama dengan Juliana. Dia adalah Danica, gadis yatim piatu asal Ukraina.


Danica mengalami kondisi yang sama dengan Juliana walaupun tak begitu parah. Keluarga Wetmore pun memutuskan untuk merawat Danica dan menjadikannya saudara seperjuangan untuk Juliana. Kini, mereka pun hidup dalam satu keluarga dan saling menyayangi satu sama lain. Sungguh menginspirasi ya.

Yahya El Jabaly, bocah asal Maroko terlahir tanpa mata, hidung dan rahang


Sungguh malang nasib Yahya. Sesaat setelah dilahirkan, dokter bahkan ragu Yahya akan bertahan hidup atau tidak. Namun nampaknya Tuhan memiliki cerita yang tak terduga untuk Yahya, ia mampu bertahan hidup hingga kini di usianya yang ke 3 tahun. Selama ini, orang tua Yahya selalu menutup wajah anak malang tersebut saat bepergian. Dan karena Yahya tidak memiliki langit-langit mulut, ia tak dapat berbicara dan hanya bisa menggeram. Dokter sendiri tidak tahu apa penyebab kelainan wajah Yahya, apakah karena kelainan genetik atau penyakit tertentu.


Kisah Yahya mulai menjadi perbincangan saat sahabat ayahnya mengunggah kisah tersebut ke Facebook. Beruntung, seorang dokter asal Maroko yang kini tinggal di Australia merespon postingan tersebut dan mengontak seorang dokter yang handal untuk mengoperasi wajah Yahya. Kini, Yahya sedang menunggu waktu untuk operasi perbaikan wajahnya Desember mendatang. Kita do'akan saja agar operasinya lancar dan memberikan hasil yang diharapkan ya.

Sarah Atwell, gadis dengan sebelah wajah meleleh berjuang melawan bullying


Sarah mengalami kondisi langka bernama neurofibromatosis. Berbeada dengan tiga kasus di atas, Sarah baru mengalami perubahan pada wajahnya saat menginjak usia 8 bulan. Perlahan tumor besar menggerogoti sebagian wajahnya hingga tampak seperti meleleh. Sarah telah menjalani banyak operasi namun tak kunjung membuahkan hasil.


Karena wajahnya terebut, sarah sering diejek oleh teman dan tetangganya. Merasa tak tahan lagi, ia mengunggah sebuah video yang berisi tulisan tentang penyakitnya yang begitu menyayat hati. Video tersebut kemudian ditonton oleh seorang dokter bedah yang kemudian menawarkan jasa untuk mengoperasi wajah Sarah. Operasi tersebut memang tak memberikan hasil yang sangat signifikan namun kini Sarah bisa tersenyum. Semoga Sarah tetap semangat dan tangguh menjalani hidupnya ya.

Siti Aisyah, gadis Indonesia terlahir tanpa wajah dan otak di luar kepala


Baru-baru ini kasus serupa juga terjadi di tanah air. Seorang gadis berusia dua tahun asal Pasaman Sumatera Barat lahir tanpa wajah dengan kondisi otak di luar tempurung kepala dan hanya berlapiskan kulit. Aisyah yang berasal dari keluarga kurang mampu kini kebingungan dan hanya bisa pasrah.


Untuk operasi sendiri, dokter tidak bisa menjanjikan perubahan yang besar pada Aisyah. Biayanya diperkirakan akan menelan sekitar 1 milyar Rupiah. Kini mereka menunggu ada pihak yang berbaik hati membantu proses penyembuhan Aisyah. 

Itulah kisah 5 anak yang kurang beruntung karena terlahir dengan kondisi wajah yang tak sempurna. Semoga kasus di atas dapat menjadi cerminan agar kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang kita terima dalam hidup.

0 Response to "5 Kisah Langka dan Miris Anak yang Terlahir Tanpa Wajah"

Post a Comment