Hati-Hati Pakai Minyak Zaitun, Ini Efek Sampingnya

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak ajaib yang serba guna. Kita bisa menggunakannya untuk memasak, merawat kulit, sebagai obat, dan berbagai keperluan lainnya. Khasiat minyak zaitun tak perlu diragukan lagi. Minyak zaitun bahkan diyakini sebagai salah satu rahasia kecantikan Ratu Mesir yang terkenal, Cleopatra. Oleh karena itu, minyak ini sangat populer dan digunakan oleh banyak orang di setiap kesempatan.


Namun, di balik sejuta manfaat minyak zaitun, ada beberapa efek samping yang merugikan, khususnya bagi kesehatan. Anda harus berhati-hati dan lebih bijak dalam menggunakan minyak zaitun. Apa saja dampak buruk tersebut? Berikut informasinya dikutip dari Boldsky.

Inflamasi / radang

Jika dikonsumsi berlebihan, minyak zaitun akan melepaskan unsur lipopolysaccharides dalam darah yang dapat memicu peradangan dan gangguan pencernaan seperti diare.

Penyakit akibat lemak

Minyak zaitun mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi hingga 14 persen. Konsumsi dua sendok minyak zaitun per hari dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh yang dalam jangka panjang dapat memicu penyakit jantung, kanker, kolesterol jahat dan obesitas.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang rendah dapat memicu penyakit yang tak kalah dari darah tinggi. Hal yang paling ditakutkan adalah terjadinya komplikasi berbagai penyakit. Minyak zaitun juga dapat mengganggu kinerja obat-obatan yang menjaga tingkat tekanan darah.

Alergi

Pada sebagian orang, minyak zaitun dapat memicu reaksi alergi seperti dermatitis dan gangguan pernafasan.

Merusak kulit

Walau sudah dipercaya sebagai salah satu minyak untuk merawat kelembaban kulit, penggunaan berlebih justru dapat memicu iritasi dan jerawat. Oleh karena itu, gunakan minyak zaitun secukupnya untuk merawat kulit.

Nah itula beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan minyak zaitun. Intinya, minyak zaitun dapat menimbulkan bahaya jika digunakan secara berlebihan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru bagi Anda ya.

0 Response to "Hati-Hati Pakai Minyak Zaitun, Ini Efek Sampingnya"

Post a Comment