4 Manfaat Menakjubkan Tidur Tanpa Menggunakan Bantal

Bantal adalah salah satu benda wajib untuk tidur selain ranjang dan selimut. Biasanya, orang telah menggunakan bantal sebagai penyangga kepala saat tidur sejak bayi, dan kebiasaan tersebut terus berlanjut hingga dewasa. Bantal akan membuat tubuh terasa nyaman dan rileks saat tidur, namun pada kondisi tertentu, bantal seringkali menjadi kambing hitam karena membuat leher terasa sakit dan ngilu, atau biasa dikenal dengan istilah 'salah bantal'.


Walau demikian, bantal sudah menjadi hal yang terpisahkan di setiap waktu tidur. Bentuknya pun beragam mulai dari bantal yang datar, mengembang, hingga bantal guling untuk menyangga kaki dan lengan. Namun tahukah Anda, sebenarnya tubuh kita tidak membutuhkan bantal sebagai penyangga saat tidur. Studi membuktikan, tidur tanpa menggunakan bantal justru lebih menyehatkan lho. 

Manfaat apa saja ya? Berikut informasinya dikutip dari laman Zeppfeed.

Mengindarkan stres dan gangguan kecemasan

Fakta menyebutkan, tidur dengan menggunakan bantal justru dapat memberikan tekanan pada otak yang bisa memicu stres dan kecemasan. Inilah yang sering kita dengar sebagai efek 'salah bantal'. Tidur tanpa bantal dapat membuat otak lebih rileks dan bangun menjadi lebih segar.

Mencegah cedera leher dan tulang belakang

Tidur dengan posisi bantal yang kurang tepat dapat menyebabkan nyeri pada leher dan tulang belakang.Tanpa bantal, posisi tulang belakang akan lebih rileks dan otot-otot menjadi lemas sehingga memaksimalkan kualitas tidur, serta menghindari nyeri pada tulang belakang.

Mencegah jerawat

Ya! Tidur tanpa bantal akan membuat kulit wajah lebih bersih dan sehat. Tidur menggunakan bantal sepanjang malam akan mebuat kulit wajah menempel bahkan tergesek dalam waktu yang lama. Terlebih jika sarung bantal yang digunakan kurang bersih. Hal ini akan memicu tumbuhnya jerawat dan pori-pori kulit jadi tersumbat.

Menguatkan memori

Saat tidur, otak akan 'mengolah' memori yang kita alami selama beraktifitas dan 'menyimpannya'. proses ini akan memberikan hasil maksimal jika kepala berada dalam posisi yang nyaman dan minim tekanan. Hal ini bisa kita dapatkan dengan menghindari penggunaan bantal. Tanpa bantal, tidur akan menjadi lebih nyaman dan nyenyak yang akan berdampak pada meningkatnya kemampuan otak untuk mengolah dan menyimpan memori.

Nah itulah 4 manfaat menakjubkan tidur tanpa menggunakan bantal. Apakah anda tertarik mencobanya?

0 Response to "4 Manfaat Menakjubkan Tidur Tanpa Menggunakan Bantal"

Post a Comment