6 Pantangan Wanita Setelah Operasi Caesar

Tidak semua wanita menyukai metode operrasi caesar saat melahirkan, terlebih bagi wanita yang baru melahirkan anak pertama. Walau menawarkan banyak keuntungan seperti mengurangi rasa sakit dan mencegah kerusakan pada organ kewanitaan, melahirkan dengan cara normal masih menjadi pilihan bagi banyak calon ibu.

sumber : Pinterest
Namun, pada kondisi tertentu, seorang wanita mau tidak mau harus rela merelakan perutnya untuk disayat agar bayi dapat lahir selamat. Perjuangan wanita tak berhenti setelah luka operasi dijahit dan mengering. Banyak sekali pantangan yang harus dipatuhi oleh ibu yang sudah menjalani operasi caesar karena bisa menyebabkan dampak buruk jika dilanggar.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut adalah 6 pantangan bagi wanita yang baru menjalani operasi caesar. Silahkan disimak.

Menggunakan korset

Berbeda dengan wanita yang melahirkan secara normal, menggunakan korset bagi wanita yang baru menjalani operasi caesar sangatlah berbahaya. Hal ini dapat menimbulkan resiko hernia di kemudian hari. Biarkan perut Anda mengempes dengan sendirinya terlebih jika luka pada perut belum benar-benar kering.

Mandi air panas

Mandi air panas bagi wanita yang baru menjalani operasi caesar dapat memperlambat penyembuhan luka. Usahakan mandi dengan air dingin agar badan lebih segar dan luka caesar dapat sembuh lebih cepat.

Hindari sembelit

Sembelit bisa jadi mimpin buruk bagi setiap wanita yang baru melahirkan, terlebih bagi mereka yang melahirkan melalui operasi caesar. Sembelit dapat memberikan tekanan pada luka operasi yang bisa berakibat fatal. Cukupi kebutuhan minum dan serat agar terhindar dari sembelit.

Mengangkat beban berat

Pantangan ini tak hana berlaku bagi ibu yang melakukan operasi caesar, namun untuk semua orang yang baru saja melakukan operasi. Mengangkat beban beat dapat memicu pendarahan dalam yang sangat berbahaya.

Tidur telentang

Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa posisi tidur terbaik setelah operasi caesar adalah tidur telentang. Tidur telentang dapat memicu terjadinya nyeri. Posisi tidur menyamping akan meminimalisir nyeri dan membuat tidur jadi lebih nyaman.

Mengabaikan nyeri

Jangan pernah abaikan timbulnya rasa nyeri seperti sakit kepala dan mual. Hal ini bisa menjadi gejala infeksi dan harus segera ditangani oleh dokter.

Nah itulah beberapa pantangan yang harus ditaati oleh wanita yang baru menjalani operasi caesar. Semoga keluarga Anda sehat selalu ya :)

0 Response to "6 Pantangan Wanita Setelah Operasi Caesar"

Post a Comment