Begini Rupa Dunia di Mata Penderita Buta Warna

Buta warna adalah suatu kondisi gangguan penglihatan yang menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat warna secara benar. Hal ini disebabkan oleh adanya masalah pada pigmen pada reseptor warna. Jika salah satu pigmen tersebut hilang, warna yang ditangkap oleh mata akan sangat berbeda dengan warna sebenarnya.

Buta warna biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau karena efek samping penggunaan obat tertentu.Ada beberapa jenis buta warna, namun pada dasarnya setiappenderita tidak dapat melihat warna pada benda dengan benar. Karena kelianan ini, seorang penderita buta warna biasanya sulit diterima bekerja di berbagai profesi seperti di bidang kelistrikan, dan transportasi penerbangan. Lantas, seperti apakah rupa dunia di mata para penderita buta warna? Berikut ulasannya dikutip dari lama Guff.

8 persen pria dan 0,5 persen wanita di dunia menderita buta warna


Fakta diatas diungkapkan oleh National Eye Institute diikuti dengan pernyataan bahwa mayoritas penderita buta warna justru tidak menyadari kelainan yang mereka alami.


Buta warna yang paling sering dialami adalah ketidak mampuan melihat warna-warna merah dan hijau. Lantas, beginilah warna dunia bagi para penderita buta warna tersebut.

Mengapa pria lebih rentan mengalami buta warna?



Pada dasarnya, buta warna disebabkan oleh kondisi yang disebut Deuteranopia. Kondisi tersebut diakibatkan oleh kesalahan pada kromosom X seksual yang ada pada tubuh pria.

Buta warna total


Salah satu jenis buta warna yang paling langka adalah Monochromacy. Penderitanya akan melihat dunia dalam dua warna saja yaitu hitam dan putih.

Tokoh terkenal yang mengalami buta warna

Walau telah disebutkan bahwa kondisi buta warna dapat menghambat karir seseorang di beberapa bidang, jangan berkecil hati. Ada beberapa tokoh terkenal yang sukses di dunia walaupun menderita buta warna. Mereka adalah Bill Clinton, Christopher Nolan, dan aktor terkenal Eddie Redmayne.

Jika anda masih penasaran dengan bagaimana penderita buta warna melihat dunia, Anda dapat menyaksikan video di bawah ini. Video ini telah disaksikan sebanyak 11 juta kali hanya beberapa minggu sejak diunggah ke situs Youtube. Semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda ya.


Nah itulah beberapa fakta mengenai bagaimana penderita buta warna melihat dunia. Semoga dapat menambah wawasan baru dan bermanaat bagi Anda ya :)

0 Response to "Begini Rupa Dunia di Mata Penderita Buta Warna"

Post a Comment