Penting! Ini Arti Angka yang Tertera pada Stiker Buah

Bagi Anda penggemar buah-buahan, pasti Anda sering menemukan sebuah stiker kecil yang menempel pada buah yang Anda beli seperti apel, jeruk, pear, dan buah lainnya. Selain menampilkan merk atau nama produsennya, stiker tersebut biasanya juga menampilkan angka-angka tertentu yang berjumlah 4 hingga 5 digit.

Nah, angka-angka tersebut ternyata bukan hanya sekedar angka. Angka yang tertera pada stiker memiliki arti tertentu mengenai 'identitas' buah tersebut, seperti proses penanaman, kandungan pestisida yang digunakan, hingga buah yang merupakan produk yang telah melalui rekayasa genetika. Cukup mengejutkan bukan?

Berikut adalah arti dari angka yang tertera pada stiker buah, dikutip dari laman Brightside.

Kode 4 digit yang dimulai dengan angka 3 atau 4


Jika Anda menemukan buah dengan keterangan kode seperti di atas, itu artinya buah tersebut dikembangkan dengan teknik pertanian modern. Teknik tersebut melibatkan pemberian pupuk kimia dan pestisida yang cukup banyak.Pastikan untuk mencuci buah tersebut hingga bersih agar sisa pestisida yang berbahaya tidak ikut termakan.

Kode 5 digit yang dimulai dengan angka 8


Kode ini mewakili identitas produk yang cukup mengundang kontroversi di berbagai kalangan. Buah dengan kode ini adalah hasil dari tanaman yang sudah direkayasa secara genetik dengan tujuan menghasilkan produk dengan kualitas tertentu, seperti lebih manis dan lebih besar dari biasanya. Melon, pisang dan pepaya adalah buah yang paling sering dijadikan produk buah hasil rekayasa genetika.

Kode 5 digit yang dimulai dengan angka 9


Diantara dua kode di atas, kode satu ini adalah kode yang paling baik dan sehat. Mengapa? Buah yang memiliki kode ini artinya buah tersebut adalah produk organik yang dikembangkan tanpa menggunakan pupuk kimia maupun pestisida. Biasanya, buah dengan kode ini harganya lebih mahal.

Stiker tanpa kode angka


Stiker buah tidak selalu menampilkan kode-kode tersebut di atas. Biasanya, stiker buah tanpa kode angka adalah produk lokal, sebab seluruh buah impor wajib menampilkan kode di setiap buahnya. Jika Anda menemukan buah impor yang tidak menampilkan kode angka pada stikernya, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membelinya. Biasanya, kode angka dihilangkan atau tidak ditampilkan untuk alasan tertentu, seperti kualitas buah kurang bagus atau menggunakan pestisida yang berlebihan.

Nah itulah arti dari kode angka yang biasa tertera pada stiker buah. Semoga dapat menambah wawasan baru dan bermanfaat untuk Anda ya.

0 Response to "Penting! Ini Arti Angka yang Tertera pada Stiker Buah"

Post a Comment