Hati-hati, Obat-obatan Ini Bisa Kurangi Kesuburan

Setiap obat-obatan kimia biasanya memiliki efek samping pada orang tertentu. Beberapa efek samping yang paling umum terjadi adalah mengantuk, alergi, dan meningkatnya asam lambung. Untuk jangka panjang, beberapa obat kimia bahkan dapat menyebabkan gangguan ginjal.


Di antara beberapa efek samping yang umum ditemukan, mungkin anda tidak mengira bahwa beberapa obat-obatan juga memiliki efek samping mengurangi kesuburan. Hal itu biasanya disebabkan oleh kinerja obat yang mempengaruhi produksi hormon atau kinerja organ reproduksi. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin obat-obatan tersebut dapat menyebabkan kemandulan.

Bukan sekedar hoax, berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai beberapa obat dengan efek samping dapat mengganggu kesuburan Anda.

Obat penenang

Obat-obatan penenang akan bekerja pada syaraf pusat yang dapat merangsang produksi hormon prolaktin. Hormon prolaktin dapat mengganggu ovulasi atau produksi sel telur pada wanita yang berdampak langsung pada kesuburan.

Obat penghilang nyeri

Beberapa obat anti nyeri seperti asam mefenamat, ibuprofen dan aspirin dapat mengganggu proses ovulasi dan membuat lapisan rahim kurang memadai untuk terjadinya kehamilan. Selain itu, obat-obatan tersebut juga dapat menyebabkan luka pada lambung. Oleh karena itu, obat-obatan ini sebaiknya dihindari jika Anda sedang merencanakan kehamilan.

Obat anti peradangan

Khusus bagi pria, obat anti radang berbasis steroid seperti sulfasalazine dapat mengurangi jumlah produksi sperma hingga mengganggu kesuburan Anda. Namun jangan khawatir,produksi sperma akan kembali normal jika konsumsi obat dihentikan.

Obat hipertensi

Obat yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah biasanya mengandung komposisi beta blocker dan diuretik. Pada pria, zat ini dapat menyebabkan impotensi jika dikonsumsi dalam waktu panjang.

Pengobatan kanker

Saat ini, pengobatan kanker yang paling umum adalah dengan melakukan kemoterapi atau radiasi. Sayangnya, cara ini memiliki banyak sekali efek samping yang merugikan. Tak hanya membuat sel kanker menjadi rusak, ia juga dapat merusak sel sperma pada pria.

Itulah beberapa obat yang memiliki efek samping mengurangi kesuburan. Sebaiknya, konsumsi obat-obatan di atas dengan lebih bijak dan hati-hati, terlebih bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan dalam waktu dekat.

0 Response to "Hati-hati, Obat-obatan Ini Bisa Kurangi Kesuburan"

Post a Comment