Tak Hanya Gula, 5 Hal Ini Bisa Membuat Anda Terkena Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Selain karena faktor keturunan, diabetes juga bisa disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup tak sehat. Ada dua jenis diabetes yaitu tipe satu dan tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah jenis yang paling banyak ditemui di dunia. Dan salah satu makanan yang seringkali menjadi kambing hitam dari penyakit diabetes adalah gula.


Terlalu banyak mengkonsumsi zat gula memang dapat menjadi pemicu utama diabetes. Namun, ternyata penyebab diabetes tidak hanya karena gula lho. Banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari justru lebih berbahaya dibandingkan gula sehingga dapat meningkatkan resiko diabetes. Bisa jadi, 5 hal ini sudah menjadi kebiasaan Anda sehari-hari. Berikut informasinya dikutip dari laman Boldsky.

Melewatkan sarapan

Kebiasaan ini mungkin seringkali Anda lakukan karena terburu waktu atau sedang melakukan diet. Padahal, alih-alih membuat kurus, melewatkan sarapan justru membuat tubuh Anda lebih mudah gemuk. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan potensi diabetes karena Anda cenderung akan mengkonsumsi lebih banyak gula di siang hari. Hal ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara drastis, yang mana sangat berbahaya jika terus menerus menjadi kebiasaan. 

Terlalu banyak stres

Ungkapan 'kurang piknik' yang membuat kualitas hidup berkurang mungkin memang benar adanya.Terlalu banyak stres dapat mempengaruhi produksi hormon dan mengacaukan produksi insulin. Hal ini dapat menaikkan kadar gula dalam darah hingga beresiko menyebabkan diabetes. Jadi, jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda. Luangkan waktu untuk relaksasi atau pergi berlibur ya.

Kurang vitamin D

Vitamin D tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang, namun juga membantu Anda terhindar dari diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Perbanyak konsumsi makanan mengandung vitamin D seperti susu dan keju. Selain itu, sumber alami seperti sinar matahari dari pukul 8 hingga 10 juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin D Anda.

Kurang bergerak

Kurang bergerak mungkin telah menjadi kebiasaan bagi banyak pekerja kantoran. Padahal, selain dapat menyebabkan nyeri dan pegal, kebiasaan ini juga tak baik untuk kesehatan, bahkan dapat menjadi pemicu diabetes tipe 2.

Sering begadang

Saat tidur, tubuh akan beregenerasi dan melakukan metabolisme, sehingga kita selalu merasa segar ketika bangun. Saat begadang, otomatis proses metabolisme tersebut akan terganggu hingga membuat tubuh terasa lelah. Selain itu, saat begadang kita cenderung lebih aktif mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung gula dan garam. Produksi hormon-hormon penting pun akan terganggu yang dapat berujung pada penyakit diabetes.

Itulah beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari dapat meningkatkan resiko diabetes selain konsumsi gula berlebih. Intinya, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dan teratur akan membantu kita terhindar dari berbagai penyakit termasuk diabetes. Semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Tak Hanya Gula, 5 Hal Ini Bisa Membuat Anda Terkena Diabetes"

Post a Comment