6 Tanda Tubuh Anda Sudah Jadi Sarang Cacing Pita

Cacing pita adalah salah satu hewan parasit yang dapat menginfeksi tubuh makhluk hidup lainnya. Tak hanya hidup dalam usus hewan ternak, cacing pita juga bisa bersarang dalam usus manusia. Beberapa penyebab manusia terinfeksi cacing pita adalah dari hidangan daging yang kurang matang hingga kurangnya kebersihan.


Dibandingkan cacing parasit lainnya, cacing pita bisa menimbulkan bahaya yang lebih mengancam. Setelah menetap pada dinding usus, cacing pita dapat merangkak naik menuju jaringan otak hingga menyebabkan kista. Ia juga bisa menyebab dalam pembuluh darah lalu menyebabkan gangguan fungsi organ dan metabolisme tubuh.

Anda tentu tak ingin kan tubuh Anda menjadi sarang untuk cacing pita? Lantas bagaimana cara mendeteksi tubuh yang sudah terinfeksi cacing pita? Berikut beberapa gejalanya dikutip dari situs The Health Site.

Buang air besar mengeluarkan darah

Gerakan cacing pita pada dinding usus dapat menyebabkan luka. Salah satu tanda infeksi cacing pita adalah adanya darah saat buang air besar yang biasanya tidak disertai nyeri.

Perut sering kram

Kram perut biasanya dialami oleh wanita saat sedang menstruasi. Jika Anda sering mengalami kram perut tanpa sebab yang jelas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan feces untuk menentukan apakah Anda terinfeksi cacing pita atau tidak.

Berat badan menurun

Orang yang terinfeksi cacing pita akan mengalami penurunan berat badan yang drastis, karena nutrisi yang harusnya diserap tubuh justru jadi makanan bagi cacing. 

Kulit kering dan gatal-gatal

Cacing pita dapat menetap di bawah permukaan kulit dan menyerap kolagen dan minyak alami dalam kulit. Hal ini dapat menyebabkan gatal-gatal dan kulit terasa kering.

Mual dan muntah

Mual dan muntah menjadi gejala awal infeksi cacing pita karena pencernaan menjadi tak nyaman sebab keberadaan benda asing di dalamnya.

Diare

Gejala lain yang mengikuti mual dan muntah adalah diare yang hebat. Diare biasanya diikuti dengan kram perut.

Cacing pita biasanya tidak akan mati hanya dengan meminum obat cacing ringan, terlebih jika ia telah menyebar ke berbagai organ tubuh. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.  Semoga dapat bermanfaat bagi Anda ya.


0 Response to "6 Tanda Tubuh Anda Sudah Jadi Sarang Cacing Pita"

Post a Comment