6 Spesies Ini Akan Kuasai Bumi Jika Umat Manusia Punah

Manusia adalah makhluk dengan kecerdasan tertinggi yang hidup di bumi. Manusia telah mengantarkan perannya sebagai spesies penguasa di bui bahkan hingga ke luar angkasa. Keberadaan manusia sebagai penguasa bumi juga telah meninggalkan peradaban dan kebudayaan yang besar, yang tak dimiliki oleh makhluk lain seperti hewan.

Ada beberapa teori yang diungkapkan para ilmuwan yang dapat menjadi penyebab kepunahan umat manusia, mulai dari bencana alam, wabah penyakit, hingga perang nuklir. Posisi puncak yang ditempati manusia pun akan segera diambil alih oleh para hewan

Lantas, apa yang akan terjadi pada bumi seandainya umat manusia punah? Tak hanya peradaban saja yang akan hilang, namun sistem rantai makanan pun akan berubah. Di antara sekian banyak spesies hewan, ada beberapa spesies menonjol yang diprediksi akan mengambil alih posisi manusia seandainya seluruh umat manusia di bumi ini punah, yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Hewan apa saja ya? Berikut ulasannya dikutip dari laman Cracked.

Beruang air


Hewan ini bukanlah beruang besar yang seringkali Anda lihat di televisi. Hewan mikroskopis ini telah hidup di muka bumi sejak 500 juta tahun lalu dan masih bertahan hingga sekarang. Ia bisa hidup di puncak tertinggi hingga di dasar lautan.


Beruang air juga mampu bertahan dalam suhu ekstrim dan tahan tekanan yang tinggi. Mreka bahkan dapat hidup di luar angkasa dan di tempat dengan oksigen yang sangat kurang. Dengan alasan tersebut, bukan tidak mungkin bahwa beruang air dapat menjadi penghuni bumi paling tangguh dan berkuasa seandainya manusia telah punah.

Cumi-cumi


Mungkin Anda akan mengernyitkan dahi saat mengetahui hewan ini cukup potensial untuk menguasai bumi di masa depan. Faktanya, jumla spesies cephalopods seperti cumi-cumi dan gurita melonjak tajam sejak tahun 1950-an. Hal ini disebabkan oleh angka pengambilan ikan yang sangat fantastis diiringi oleh tercemarnya lautan oleh limbah kantong plastik. Bentuk fisik cumi dan gurita yang menyerupai plastik membuat mereka lebih mudah beradaptasi dan melindungi diri dari pemangsa. Selain itu, spesies ini juga memiliki kecerdasan yang tinggi, bahkan yang paling tinggi di antara seluruh hewan laut. Mereka juga dapat memakan apa saja sehingga dapat melalui berbagai kondisi dengan aman.

Kera


Spesies kera, monyet, orang utan, simpanse dan gorila memang telah dikenal lama sebagai spesies yang paling mirip dengan manusia secara genetik. Keerdasannya pun paling tinggi di antara hampir seluruh hewan di daratan. Bahkan, menurut penelitian, spesies ini telah menunjukkan tanda-tanda evolusi selayaknya teori evolusi manusia. Mereka menggunakan perkakas sederhana yang terbuat dari batu untuk membantu mereka mencari dan membuka cangkang buah.

Tikus


Tikus juga diramalkan akan menguasai bumi seandainya umat manusia mengalami kepunahan. Paleobiologist sekaligus pengarang 'The Earth Ater Us', Jan Salasiewicz, pernah mengungkapkannya. Tikus memiliki fisik yang kuat dan kemampuan adaptasi yang hebat. Selain itu, tikus juga memiliki sistem sosial yang menyerupai manusia yaitu sistem koloni. Permasalahan yang rentan dihadapi tikus pun sangat mirip dengan manusia, yaitu over populasi dan kelaparan. Oleh karena itu, satu koloni tikus bisa memangsa koloni lainnya untuk bertahan hidup.

Burung


Pada tahun 2014, sekelompok ilmuwan melakukan penelitian radiasi nuklir pada beberapa hewan yaitu burung, laba-laba, dan serangga. Rata-rata hewan yang mampu bertahan hidup, akan mengalami kerusakan DNA. Namun ajaibnya, beberapa spesies burung mampu melewati radiasi tersebut tanpa mengalami luka apapun termasuk kerusakan DNA. Bulu yang melekat pada tubuh burung tak hanya mampu melindungi mereka dari cuaca panas dan dingin, namun juga radiasi nuklir hingga tingkat tertentu.

Semut


Semut telah diakui sebagai hewan berkoloni dengan pertahanan paling hebat di dunia. Hewan yang telah menghuni bumi sejak 130 juta tahun lalu ini memiliki lebih dari 1000 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Semut memiliki sistem koloni yang sangat terorganisir bahkan telah menjadi inspirasi bagi sistem pertahanan militer di berbagai negara. Mereka sangat tangguh di berbagai cuaca bahkan dapat bertahan tanpa makanan dalam waktu yang lama. Semut juga memiliki kecerdasan yang sangat baik, mereka dapat mengangkat beban yang beratnya berkali-kali lipat dari berat badannya sendiri. Karena alasan inilah, semut diprediksi akan mendominasi bumi seandainya manusia telah punah.

Perlu diingat, ulasan di atas hanyalah prediksi yang beelum tentu benar seandainya manusia benar-benar telah punah dari bumi. Namun, melihat kehebatan dan kecerdasan yang dimiliki hewan-hewan tersebut, ramalan di atas cukup masuk akal bukan? 
loading...

0 Response to "6 Spesies Ini Akan Kuasai Bumi Jika Umat Manusia Punah"

Post a Comment