Ini Alasan Wanita India Suka Pakai Banyak Perhiasan

Serial televisi India belakangan ini sedang menjadi primadona di Indonesia. Bagi Anda penggemar serial India, pasti sudah tak asing dengan penampilan para pemain wanitanya yang seringkali mengenakan pakaian tradisional lengkap dengan perhiasan emas, dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Semuanya terlihat serasi dan membuat penampilan sang aktris makin cantik dan mewah. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, apakah wanita India memang selalu memakai perhiasan berlebih di keseharian mereka, seperti ditayangkan di televisi?

Pada kenyataannya, perhiasan memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Sehari-hari mengenakan anting, kalung, cincin dan gelang dalam jumlah yang banyak dan telah menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan, seakan telah menjadi tradisi.


Lantas, apa alasan di balik tradisi mengenakan perhiasan dalam jumlah banyak tersebut ya? Dikutip dari laman Boldsky, berikut ulasannya. 

Dalam ajaran Hindu, menggunakan perhiasan adalah simbol dari nasib baik dan kemakmuran. Oleh karena itu, bagi masyarakat India yang kebanyakan menganut agama Hindu, perhiasan telah menjadi sala suatu kebutuhan. Tak hanya wanita, para pria juga sering menggunakan perhiasan khususnya cincin. Bagi wanita yang sudah menikah, melepaskan perhiasan adalah sesuatu yang tak lazim, terkecuali jika mereka sudah menjadi janda karena ditinggal mati suaminya. Menggunakan perhiasan bagi wanita juga dianggap sebagi simbol dari Dewi Laksmi.


Selain itu, wanita India biasanya menggunakan perhiasan dari emas di bagian atas tubuh, dan perhiasan perak untuk bagian bawa tubuh. Ternyata, di balik aturan tersebut tersimpan alasan ilmiah yang cukup mengejutkan. Menurut prinsip ilmiah, perak akan menghasilkan reaksi yang baik dengan energi bumi, sedangkan emas sangat bagus untuk reaksi energi dalam tubuh sekaligus memancarkan aura kecantikan.


Setiap perhiasan yang dipakai oleh wanita India, mulai dari cincin, kalung, gelang tangan, gelang kaki, hingga cincin jari kaki masing-masing memiliki maknanya sendiri. Oleh karena itu, mereka selalu terlihat memakai semua perhiasan dari ujung kepala hingga ujung kaki. 

Cincin emas yang dikenakan di jari manis diperaya mampu merangsang saraf dari jantung ke otak untuk menghasilkan hormon kesenangan. Sedangkan anting dipercaya dapat menguatkan penglihatan dan rahim wanita. Adapula anting hidung yang digunakan wanita, diperaya mampu meringankan nyeri haid dan persalinan.



Masih banyak perhiasan lainnya seperti cincin jari kaki, gelang kaki, ikat pinggang emas, Mang Tika (kalung yang dikenakan di kepala), hingga gelang ang digunakan hingga ke siku tangan. Semuanya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesehatan serta fungsi organ.

Nah, itulah alasan di balik tradisi menggunakan banyak perhiasan bagi wanita India. Seoga dapat menjawab rasa penasaran Anda ya. Apakah Anda tertarik untuk memakai banyak perhiasan agar terlihat cantik dan senantiasa sehat ala wanita India?

0 Response to "Ini Alasan Wanita India Suka Pakai Banyak Perhiasan"

Post a Comment