Ternyata, Ada Makna Tersembunyi di Balik 5 Simbol Populer Ini

Setiap hari, kita sering menemui berbagai simbol di sekitar kita. Sebuah simbol biasanya memiliki fungsi dan makna tertentu untuk mempermudah hidup manusia, sebut saja sebagai identitas lembaga, fungsi sebuah benda, menyingkat penulisan, penunjuk jalan, hingga untuk mengekspresikan sesuatu.

Namun tahukah Anda, di balik makna beberapa simbol yang kita ketahui selama ini, beberapa di antaranya memiliki makna tersembunyi yang jarang diketahui. Sebelum digunakan oleh khalayak luas, simbol-simbol tersebut telah melalui perjalanan sejarah yang unik. Beberapa bahkan ada yang memiliki makna berbeda dibandingkan makna yang kita ketahui saat ini.

Dikutip dari laman Brightside, berikut adalah 5 simbol populer yang ternyata memiliki makna tersembunyi.

Simbol 'Bluetooth'


Istilah Bluetooth diambil dari nama Raja Denmark yang terkenal, Raja Harald Blatand. Pada abad ke-10, ia berhasil menyatukan suku-suku di Denmark menjadi sebuah kerajaan tunggal. Raja Harald terkenal akan kegemarannya pada buah Blueberry. Ia juga memiliki sebuah gigi yang dicat warna biru. Pembuatan simbol Bluetooth yang kita kenal saat ini sebenarnya adalah inisial dari nama sang raja bergigi biru dengan menggunakan alfabet Latin untuk huruf H dan B. Kedua huruf tersebut digabungkan hingga membentuk simbol seperti yang kita kenal saat ini. 

Tombol 'Power'


Simbol pada tombol power pastinya sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Kita bisa menemui simbol ini pada hampir semua peralatan elektronik. Nah, ternyata ada sejarah yang unik di balik pembuatan simbol power ini. Pada tahun 1940-an, para insinyur menggunakan bilangan biner untuk mewakili tombol tertentu. Angka 1 berarti nyala, dan angka 0 berarti mati. Beberapa dekade kemudian, kedua simbol tersebut disatukan untuk membuat fungsinya lebih singkat dalam satu tombol dan lebih mudah dikenali.

Simbol 'Damai'


Saat ini, simbol ini telah digunakan secara universal untuk berbagai kondisi yang merujuk pada persatuan dan kedamaian. Simbol ini juga seringkali digunakan sebagai hiasan pada pakaian dan aksesori.  Simbol perdamaian atau yang dikenal juga sebagai 'the Pacific' ini diciptakan pada tahun 1958, pada masa banyaknya unjuk rasa untuk menolak penggunaan senjata nuklir. Simbol ini diciptakan dari penggambaran dua orang yang membuat simbol sinyal bendera untuk huruf 'N' dan 'D' yang mewakili kalimat 'Nuclear Disarmament'. 

Simbol 'Hati/Cinta'


Siapa tak kenal simbol satu ini? Ia sering digunakan untuk mewakili perasaan cinta dan kasih sayang, dan seringkali diposisikan terletak pada jantung manusia. Padahal bentuk jantung yang sebenarnya sangat berbeda dengan simbol ini. Menurut ahli sejarah, pada masa Yunani Kuno, bentuk hati ini sebenarnya adalah penggambaran panggul atau bokong wanita yang sangat indah milik Dewi Aphrodite. Mereka bahkan membangun kuil khusus untuk memujua Dewi Aphrodite, lengkap dengan simbol bokong tersebut di pusat kuil.

Simbol 'OK'


Kebanyakan dari kita akan menggunakan simbol jari ini untuk menyatakan keadaan yang baik atau oke, padahal di beberapa negara, simbol ini bisa berarti sebaliknya. Sebut saja di Perancis, simbol ini bisa berarti ejekan 'pecundang' atau 'tidak berguna'. Ada beberapa teori mengenai asal usul dari penggunaan simbol OK ini. Beberapa mengaitkannya pada patung-patung Buddha yang sering menampakkan gestur tangan mirip simbol OK yang kita kenal saat ini. Gestur tersebut memiliki arti 'belajar' dalam ajaran Buddha. 

Nah itulah beberapa simbol populer di dunia yang ternyata memiliki makna tersembunyi. Semoga dapat menjadi pengetahuan baru untuk Anda ya.

0 Response to "Ternyata, Ada Makna Tersembunyi di Balik 5 Simbol Populer Ini"

Post a Comment