Siapa Sangka, Ini 6 Manfaat Hebat ASI Selain untuk Bayi!

ASI atau air susu ibu adalah sumber nutrisi yang paling utama untuk bayi sejak baru lahir hingga berusia setidaknya dua tahun. ASI mengandung banyak zat gizi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain itu, ASI juga berperan penting untuk menguatkan daya tahan tubuh bayi, khususnya pada 7 hari pertama sejak kelahiran.


Walau pada umumnya selama ini para ibu hanya menggunakan ASI sebagai sumber makanan bayi, ternyata ASI memiliki banyak manfaat hebat lain lho. Tak hanya bayi, orang dewasa juga bisa menggunakan ASI sebagai obat. ASI juga sangat ampuh untuk mengempeskan jerawat dalam waktu singkat. Kira-kira manfaat apa lagi ya yang bisa kita dapat dari ASI? Mari simak ulasan berikut ini.

Mengobati iritasi mata

Bayi baru lahir seringkali mengalami mata merah karena iritasi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh gesekan dan cairan ketuban. Untuk mengobati mata merah pada bayi tentu tak bisa sembarangan menggunakan obat tetes. Kompres saja mata yang sakit menggunakan kapan yang telah dicelupkan ASI. 'Resep' ini juga bisa digunakan pada mata rang dewasa, selama iritasi yang dialami masih ringan.

Mengobati jerawat

ASI memiliki zat yang berkhasiat untuk melawan infeksi atau peradangan, termasuk jerawat, khususnya yang disebabkan karena kebersihan kulit kurang terjaga.Oleskan beberapa tetes ASI pada jerawat. Jerawat akan lebih cepat kempes tanpa rasa nyeri.

Mengobati gigitan serangga

Saat bayi terkena gigitan serangga atau nyamuk, tak perlu khawatir akan membuat bayi kepanasan karena olesan minyak kayu putih. Cukup oleskan beberapa tetes ASI pada kulit yang digigit. Khasiatnya tak kalah dibanding minyak kayu putih atau minyak telon, dan pastinya lebih aman.

Mengobati ruam popok

Ruam popok seringkali membuat para ibu khawatir. Nah, jika bayi Anda mengalami ruam popok, sebaiknya oleskan ASI pada area yang memerah, ketimbang menggunakan bedak atau baby oil. Sebelumnya, kulit bayi harus dibersihkan terlebih dahulu.

Lebih cepat langsing pasca melahirkan

Proses menyusui akan membuat tenaga ibu terkuras. Namun efek positifnya, berat badan yang membengkak pasca hamil dan melahirkan akan lebih mudah susut secara alami. Sebaliknya, jika ibu tidak menyusui padahal produksi ASI nya cukup baik, sistem metabolisme akan terganggu yang berimbas pada naiknya berat badan.

Melembabkan bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah juga bisa diobati dengan ASI! Caranya masih sama, cukup oleskan ASI pada bibir yang pecah-pecah. Biarkan meresap lalu bilas dengan air hangat.

Nah, ternyata selain untuk bayi, ASI juga memiliki banyak manfaat lain. Anda tertarik mencobanya?

0 Response to "Siapa Sangka, Ini 6 Manfaat Hebat ASI Selain untuk Bayi!"

Post a Comment