Rajin Sikat Gigi Tapi Masih Bau Mulut? Ini Penyebabnya

Selain bau badan, bau mulut adalah salah satu keluhan yang seringkali membuat risih. Biasanya, kita sering mengaitkan bau mulut dengan kurangnya kebersihan rongga mulut dan gigi. Upaya pertama yang biasa dilakukan adalah dengan menyikat gigi dan menggunakan obat kumur. Namun, apa yang harus dilakukan jika bau mulut tak kunjung hilang walau sudah rajin menyikat gigi?


Selain menurunkan rasa percaya diri, bau mulut juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit tertentu dalam tubuh, khususnya organ pencernaan. Nah, agar bau mulut dapat ditumpas tuntas, Anda perlu mencari tahu apa akar penyebabnya. Dikutip dari Blog Asian Town, bisa jadi 6 faktor inilah yang membuat nafas Anda berbau walau sudah rajin menggosok gigi. Silahkan disimak.

Sering melewatkan sarapan

Jangan sepelekan jadwal makan Anda di pagi hari. Selain dapat membuat tubuh lemas dan meningkatkan resiko diabetes, melewatkan sarapan juga bisa memicu bau mulut lho. Alasannya? Selama tidur, produksi air liur menjadi terbatas sehingga membuat rongga mulut dan gigi menjadi kering serta memicu pertumbuhan baketri. Hal ini dapat memicu timbulnya aroma tak sedap. Oleh karena itu, dianjurkan untuk sarapan dengan buah-buahan untuk merangsang produksi air liur yang dapat 'membersihkan' rongga mulut Anda dari plak dan asam selama Anda tidur.

Kurang minum air putih

Sama seperti saat tidur, ketika dehidrasi produksi air liur akan menurun. Selain itu, fungsi pencernaan akan terganggu sehingga memicu timbulnya gas yang membuat nafas Anda berbau tak sedap. Oleh karena itu, biasakan minum cukup air putih agar nafas senantiasa segar.

Makanan manis

Inilah alasan mengapa dokter menganjurkan untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan manis. Makanan manis dapat menjadi makanan bakteri pada gigi. Bakteri kan menghasilkan zat belerang yang menimbulkan bau, bahkan merusak gigi. bahan alami yang dapat menumpa bakteri ini adalah peerseli.

Diet karbohidrat

Walaupun sedang berdiet, jangan memangkas asupan karbohidrat Anda secara drastis. Saat tubuh kekurangan karbohidrat, tubuh akan mengambil zat ketone dalam darah sebagai sumber energi pengganti. Hal ini akan memicu timbulnya aroma tak sedap pada rongga mulut karena proses menghasilkan energi yang tak seharusnya dari dalam tubuh.

Terlalu banyak mengkonsumsi susu

Tahukah Anda, susu dan produk olahannya dapat menyebabkan pengentalan lendir di rongga pernafasan jika terlalu banyak dikonsumsi. Hal ini dapat menimbulkan aroma seperti sulfur pada nafas Anda. Oleh karena itu, konsumsi susu dalam jumlah yang wajar untuk menghindari bau mulut.

Masalah pada usus

Faktor lain yang dapat menyebabkan bau mulut membandel adalah adanya masalah pada organ pencernaan Anda.Hal yang paling umum adalah infeksi bakteri atau kelebihan asam lambung yang naik hingga kerongkongan

Itulah 6 penyebab bau mulut selain jarang menggosok gigi. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda ya.

0 Response to "Rajin Sikat Gigi Tapi Masih Bau Mulut? Ini Penyebabnya"

Post a Comment