Penting! Deteksi Penyakit dalam Tubuh dari 6 Warna Urin

Sejatinya, tubuh manusia memiliki sistem yang sangat canggih untuk 'menjaga' dan 'menyembuhkan' dirinya sendiri dari berbagai penyakit. Contohnya saat kulit terluka, kulit akan mengobati dirinya sendiri dengan membentuk bopeng hingga akhirnya bopeng terlepas dan membentuk lapisan kulit yang baru.

Tubuh manusia juga memiliki kemampuan untuk menunjukkan kondisi tubuh kita, salah satunya melalui urine atau air kencing. Jika diamati, air kencing kerap memiliki warna yang berbeda, mulai dari bening seperti air hingga warna kekuningan. Ternyata, di balik warna urine yang berbeda-beda, tubuh sedang 'menunjukkan' adanya sesuatu yang tak beres dalam tubuh kita.


Lantas, warna seperti apa yang membedakan antara tubuh yang sehat dan tidak? dikutip dari Mr. Healthy Life, berikut informasinya.

#1 Bening tanpa warna

Air kencing yang bening tanpa warna menunjukkan kebiasaan minum air yang berlebihan. Idealnya, kebutuhan air rata-rata manusia tak lebih dari 8 gelas sehari. Alih-alih membuat tubuh sehat, kelebihan minum air justru dapat membahayakan organ.

#2 Bening dengan warna kuning pucat 

Ini adalah warna urine yang paling ideal. Warna ini menunjukkan tubuh dalam keadaan sehat dan cukup minum air.

#3 Bening dengan warna kuning terang hingga gelap

Warna ini menunjukkan tubuh dalam kondisi yang sehat, namun sebaiknya Anda lebih banyak minum air. Semakin gelap warna kuning yang dihasilkan, semakin banyak air yang dibutuhkan oleh tubuh. Waspadai jika urine mulai berwarna jingga atau oranye. Warna ini menunjukkan adanya gangguan pada empedu.

#4 Pekat dengan warna gelap

Warna ini bisa menjadi indikasi tubuh mengalami dehidrasi atau liver yang sedang bermasalah. Segera perbanyak asupan air minum Anda dan segera periksakan diri ke dokter jika warna air kencing tak kunjung berubah menjadi lebih bening atau terang.

#5 Bening atau pekat dengan warna kemerahan

Warna merah dalam air kencing bisa jadi tanda pendarahan dalam ginjal atau prostat. Indikasi lain adalah adanya infeksi atau tumor yang sebaiknya segera ditindak oleh dokter.

#6 Air kencing yang berbusa

Air kencing yang berbusa adalah gejala umum adanya gangguan pada ginjal. Sebaiknya jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda sering mengalami kencing berbusa.

Nah itulah beberapa indikasi kesehatan yang bisa kita lihat dari perbedaan warna air kencing. Semoga  dapat menambah kesadaran dan kewaspadaan kita pada serangan penyakit. Dan yang paling penting, semoga Anda sekeluarga senantiasa sehat!

0 Response to "Penting! Deteksi Penyakit dalam Tubuh dari 6 Warna Urin"

Post a Comment