10 Fungsi lain Mouthwash Ini Bisa Menghemat Pengeluaran Anda

Mouthwash atau cairan pencuci mulut umumnya memang digunakan untuk membersihkan mulut, khususnya setelah menggosok gigi. Tapi tahukah Anda, cairan ini juga memiliki banyak manfaat lain karena bersifat anti jamur dan anti bakteri. Jika Anda tahu triknya, menggunakan satu botol mouthwash untuk banyak kebutuhan juga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Dikutip dari laman Brightside, berikut adalah 10 fungsi lain mouthwash yang akan mempermudah hidup Anda.

#1 Mengatasi ketombe


Campurkan mouthwash dan air dengan perbandingan 1:1 lalu gunakan ke seluruh permukaan kepala sebelum menggunakan shampo. Mouthwash memiliki kandungan anti jamur sehingga sangat tepat digunakan untuk melawan ketombe.

#2 Mengobati gigitan nyamuk

Celupak kapas atau cotton bud pada cairan mouthwash lalu oleskan pada kulit yang digigit nyamuk.

#3 Sebagai toner wajah


Cara ini bisa Anda gunakan sesekali saja jika Anda sedang kehabisan toner. Menggunakan mouthwash sebagai toner dapat melarutkan kotoran pada kulit wajah dan menimbulkan sensasi sejuk di kulit.

#4 Mengobati memar

Saat bagian tubuh Anda terbentur benda tumpul, oleskan sedikit cairan mouthwash untuk mencegah timbulnya memar. Atau oleskan pada daerah yang terlanjur memar untuk penyembuhan lebih cepat.

#5 Sebagai deodoran 

Jika Anda kehabisan deodoran di pagi hari, jangan panik. Celupkan kapas pada cairan mouthwash lalu oleskan pada ketiak Anda. Fungsinya tak kalah dari deodoran, bahkan Anda bisa mengganti deodoran Anda dengan trik ini.

#6 Membasmi kutu

Siapa sangka cairan ini juga ampuh untuk membasmi kutu rambut. Caranya, basahi kulit kepala dan rambut dengan mouthwash lalu tutup dengan shower cap selama 10-15 menit. Bilas dengan air hingga bersih lalu keramas menggunakan shampo seperti biasa.

#7 Membasmi bau tak sedap

Mouthwash sangat ampuh membasmi bau tak sedap seperti bau pada kaki, pakaian, atau bau khas setelah bekerja di dapur. Cukup basuk area yang berbau dengan mouthwash, diamkan sesaat lalu bilas hingga bersih.

#8 Mengobati jamur kuku

Campurkan mouthwash dengan cuka, kemudian rendam kapas dalam larutan tersebut. tempelkan kapas pada kuku yang berjamur secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

#9 Mengempeskan jerawat

Alih-alih menggunakan pasta gigi, mouthwash lebih ampuh mengempeskan jerawat di wajah anda. Kompres jerawat yang sedang meradang dengan cairan mouthwash beberapa menit, lalu gunakan pelembab wajah seperti biasa.

#10 Membersihkan kerak membandel di perabotan

Caranya cukup sederhana, campurkan mouthwash dan air dalam botol semprot. Semprotkan pada area yang berkerak dan diamkan sesaat. Sikat sedikit saja lalu bilas menggunakan lap basah. Perabotan pun jadi bersih mengkilap seperti baru.

Nah itulah beberapa manfaat mouthwash selain untuk menyegarkan mulut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

0 Response to "10 Fungsi lain Mouthwash Ini Bisa Menghemat Pengeluaran Anda"

Post a Comment