Begini Kehidupan Warga Kelas Elit di Korea Utara

Menjadi negara yang selalu menutup diri dari dunia internasional, memang tak salah Korea Utara selalu mengundang rasa penasaran banyak orang. Tak banyak orang tahu mengenai bagaimana masyarakat Korea Utara menjalani kehidupan di bawah pimpinan diktator yang kejam. Konon, mayoritas warga Korea Utara hidup dengan ekonomi yang pas-pasan dan selalu terkekang oleh aturan pemerintah.

Namun ternyata, tak semua warga Korea Utara hidup dengan 'suram'. Korea Utara juga memiliki warga kelas elit, alias mereka dengan finansial mapan. Mereka biasa disebut dengan istilah 'Donju. Lantas, bagaimana cara para Donju menikmati kekayaan di bawah pemerintahan diktator? Dapatkah mereka menggunakan pakaian mewah dan trendi atau berpesta selayaknya warga di negara lain? Dikutip dari Daily Mail, berikut informasinya.

Orang kaya Korea Utara menggemari mode


Ibu negara Korea Utara, Ri Sol Ju, dikenal suka berpenampilan modis dengan warna-warna cerah yang trendi. Sejak itu, perkembangan mode di Korea Utara semakin pesat. banyak warga khususnya kalangan elit yang memakai pakaian bermerk seperti Zara dan H&M. 


Umumnya, mereka akan berbelanja ke Cina. Walau demikian, tak semua model pakaian dapat digunakan di negara ini. Jika model yang dipakai dianggap terlalu melenceng dari aturan pemerintah atau terlalu seksi, siapapun bisa ditangkap dan mendekam di penjara.

'Pyonghattan', wilayah elit sosialita Korut sekelas Manhattan di Amerika


Seperti halnya orang-orang kaya di negara lain, orang kaya di Korut juga tinggal di sebuah kawasan elit layaknya Manhattan atau Beverly Hills. Mereka biasanya tinggal di sebuah kawasan di kota Pyongyang, yang dijuluki sebagai Pyonghattan. Kawasan ini terlihat lebih 'manusiawi' karena di sini banyak orang yang melakukan aktifitas dengan bebas seperti berolahraga atau berbelanja.

Orang kaya Korut diperbolehkan memiliki smartphone dan kamera digital


Saat ini, rasanya hampir semua orang memiliki smartphone. Namun, benda satu ini tak bisa dibeli sembarang di Korea Utara. Hanya orang-orang berduit yang diperbolehkan memiliki smartphone. Itupun dengan aturan yang sangat ketat. Gadget lainnya yang menjadi barang mewah adalah kamera digital. 

Piknik naik kuda atau pesawat terbang


Para Donju memiliki caranya sendiri untuk menikmati kekayaannya. Karena pemberian visa keluar negeri sangat dibatasi di Korea Utara, pesawat pribadi adalah salah satu cara mereka untuk 'piknik'. Ya, pesawat kecil dengan empat kursi adalah salah satu benda buruan orang kaya di Korea Utara. Berkuda juga menjadi salah satu hiburan sekaligus menaikkan kelas sosial mereka. Para Donju juga biasanya memiliki sebuah mobil bermerk Audi. Bisa dibilang, seseorang belum sah menjadi orang kaya jika belum memiliki mobil ini.

Anjing ras jadi simbol kelas sosial


Tak sembarang orang bisa memelihara anjing ras di Korea Utara. Biasanya, anjing-anjing ras didatangkan secara impor dengan prosedur yang sulit dan ketat, dan harganya pun sangat mahal. Tak heran, hanya para Donju yang bisa memelihara anjing ras, hingga kemudian dianggap sebagai salah satu simbol kelas atas di Korea Utara.

Nah itulah sekilas gambaran kehidupan kelas elit di Korea Utara. Walau terkesan menyenangkan, apakah Anda berminat menjadi Donju di negara tersebut?

0 Response to "Begini Kehidupan Warga Kelas Elit di Korea Utara"

Post a Comment