Ritual Unik Wanita india, Gunduli Rambut Demi Persembahan Dewa

Ada beragam cara untuk mengungkapkan rasa syukur kita pada Sang Pencipta, sebut saja memanjatkan puja puji, membagikan rezeki kepada orang yang membutuhkan, atau memberikan persembahan. Hal ini biasanya bergantung pada kepercayaan dan adat yang berlaku di setiap daerah.

Di Indonesia, kita mengenal adanya ritual sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang melimpah. Tak kalah unik, masyarakat India khususnya para wanita, memiliki ritual khusus untuk mengungkapkan rasa syukur mereka pada Dewa. Para wanita baik tua atau muda akan menggunduli rambut mereka tanpa sisa, jika sesuatu yang mereka do'akan telah dikabulkan oleh Dewa.

Padahal, seperti kita ketahui bahwa rambut wanita india terkenal sangat tebal dan indah. Tidakkah mereka merasa sayang mengorbankan 'mahkota' mereka hingga menjadi gundul? Dikutip dari laman Buzzfeed, berikut informasinya.

Dilakukan di kuil khusus


Ritual penggundulan rambut ini tak boleh dilakukan sembarangan lho. Ritual ini hanya boleh dilakukan di kuil khusus, salah satunya adalah kuil Thiruthani Murugan di Tamil Nadu. Kaum pria akan mencukur rambut setiap wanita yang datang kesana sebagai bentuk persembahan pada dewa.

Bentuk rasa syukur


Ada beragam alasan yang mebuat para wanita ini merelakan rambutnya dipangkas habis. Contohnya, setelah melahirkan anak, berhasil sembuh dari sakit, atau telah melalui ujian hidup yang berat. Ritual ini akan diakhiri dengan prosesi do'a.

Rambut mereka diolah menjadi wig lalu dijual mahal ke luar negeri


Uniknya,walau rambut yang telah dipangkas adalah persembahan untuk Dewa, sudah jadi rahasia umu bahwa hampir seluruh rambut tersebut akan dijual ke pabrik pembuat wig. Dibutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan untuk membuat wig berkualitas tinggi secara manual. Nantinya, wig-wig tersebut akan dijual dengan harga mahal ke 56 negara.

Donasi untuk penderita kanker


Sebagian dari hasil penjualan wig tersebut biasanya kan didonasikan untuk para penderita kanker di India. salah satu lembaga yang mengelola gerakan ini adalah Raj Hair International.

Nah, itulah sekilas potret ritual penggundulan rambut oleh wanita India. Ternyata, tak sekedar membuat kepala plontos ya, ritual ini juga dapat membantu banyak penderita kanker yang membutuhkan. Bagaimana menurut Anda? Sangat unik bukan?

0 Response to "Ritual Unik Wanita india, Gunduli Rambut Demi Persembahan Dewa"

Post a Comment