Ini Usia Ideal Untuk Menikah di Berbagai Negara

Bagi Anda generasi 90-an, belakangan ini mungkin sudah akrab dengan pertanyaan 'kapan menikah' dari orang-orang terdekat. Ya, masyarakat Indonesia umumnya menikah pada usia rentang usia 23 hingga 27 tahun, dan bisa jadi lebih muda di beberapa daerah. Sebagai makhluk sosial, kita memang harus melakukan hal-hal tertentu sesuai tahapan usia, salah satunya adalah menikah kemudian memiliki anak untuk meneruskan keturunan.

Lantas, bagaimana dengan negara lain? Berapakan usia rata-rata untuk menikah di Perancis atau India? Tentunya akan berbeda dengan usia rata-rata menikah di negara kita, karena adanya perbedaan adat, budaya dan kondisi masyarakatnya.

Dikutip dari laman Brightside, berikut adalah usia rata-rata untuk menikah dari berbagai negara di dunia.

Arab Saudi


Rata-rata wanita Arab akan dilamar seorang pria saat mereka menginjak usia 25 tahunan. Para pria Arab pun biasanya memilih usia yang cukup muda untuk menikah yaitu di usia 27 tahun. Usia untuk pensiun di Arab Saudi pun relatif muda yaitu mulai usia 55 tahun.

Amerika Serikat


Di negeri Paman Sam, rata-rata usia yang pas untuk menikah adalah 27 tahun bagi wanita, dan 29 tahun untuk pria. Biasanya, mereka akan langsung memiliki anak di tahun pertama pernikahan. Uniknya, angka harapan hidup bagi wanita di Amerika lebih panjang, yaitu hingga 87 tahun, sedangkan pria rata-rata hanya hidup hingga usia 77 tahun.

Rusia

Di Rusia, usia yang dianggap matang untuk menikah bagi wanita adalah usia 25. Sedangkan pria akan dianggap matang saat usia 28 tahun. Biasanya, pasangan Rusia akan memiliki anak di usia 3 tahun pernikahan dan mulai pensiun dari kerja di usia 55 tahun.

Perancis

Nampaknya Perancis memiliki standar yang lebih tinggi untuk menikah. Rata-rata wanita Perancis baru akan menikah di usia 31 tahun, sedangkan pria akan menikah di usia 34 tahun. Oleh karena itu, biasanya mereka tidak akan menunda untuk segera memiliki momongan setelah menikah.

Brazil

Tak berbeda jauh dari Indonesia, rata-rata usia untuk menikah bagi wanita Brazil adalah 26 tahun dan 29 tahun untuk pria. Mereka juga biasanya akan langsung memiliki anak di tahun pertama pernikahan.

India


Pernikahan dini telah menjadi adat yang melekat bagi beberapa daerah di India. Rata-rata wanita India akan menikah di usia 20 tahun dengan pria yang lebih tua hingga 6-7 tahun darinya. Tak jarang, remaja usia belasan pun telah dinikahkan oleh orang tuanya dengan alasan meringankan beban ekonomi.

Korea Selatan & Jepang


Kedua negara ini dikenal akan kesibukan kotanya yang sangat tinggi. Usia muda identik dengan bekerja di Korea Selatan dan Jepang. Tak heran rata-rata wanita dan pria di sana baru akan menikah saat telah melewati usia 30 tahun. Angka harapan hidup di kedua negara ini cukup tinggi mencapai 87 tahun. 

Swedia


Dari 8 negara di atas, warga Swedia nampaknya memiliki waktu yang lebih banyak untuk menikmati masa lajang. Rata-rata wanita Swedia baru akan menikah saat menginjak usia 34 tahun dan 36 tahun untuk pria. Walau demikian, angka harapan hidup di Swedia cukup tinggi mencapai 84 tahun. 



0 Response to "Ini Usia Ideal Untuk Menikah di Berbagai Negara"

Post a Comment