3 Mata Uang Unik di Dunia, Salah Satunya Mata Uang Indonesia

Setelah digunakannya uang untuk alat transaksi yang sah, hampir seluruh negara berlomba-lomba untuk dapat mencetak mata uang yang sesuai dengan desain yang khas dan juga unik menurut negaranya masing-masing. Berbagai macam corak dan juga motif tentunya digunakan untuk dapat mempercatik tampilan uang negaranya masing-masing. Namun diantara banyaknya desain mata yang yang berada di seluruh dunia, berikut ini adalah mata uang yang mempunyai keunikan dan juga mempunyai nilai historis yang sangat sulit sekali dicari tandingannya. Salah satu mata uang yang paling uni yaitu berasal dari Indonesia. Berikut ini adalah beberapa mata uang yang paling unik di dunia.
  1. 10 Yen - Hong Kong
Kita akan merasakan ada yang janggal dengan mata uang ini. Karena dilihat dari namanya, mata uang ini seharusnya mata uang Jepang bukan di negara Hong Kong. Namun nama mata uang ini ada ceritanya. Sesuai dengan negaranya bahwa mata uang yang resmi dari negara Hong Kong yaitu dolar Hong Kong yang pertama kali digunakan yaitu pada tahun 1935. Namun, dikarenakan pendudukan Jepang selama perang dunia ke-2 yang harus memaksa negara Hong Kong harus menggunakan mata uang Yen kurang lebih selama 3 tahun. Dolar Hong Kong kembali resmi digunakan setelah perang dunia ke-2 berakhir.
  1. 5 Poundsterling - Irlandia Utara
Terdapat dua hal yang membuat mata uang ini sangat unik. Yang pertama yaitu pada lembaran mata uang ini terdapat salah satu pemain sepak bola dari Inggris yaitu Machester United yang sangat terkenal yakni George West. Namun yang tidak kalah uniknya dari mata uang ini yaitu digunakan di Irlandia Utara dengan jumlah satu juta cetakan saja. Padahal negara Irlandia Utara adalah anggota dari negara Persemakmuran Inggris yang mempunyai aturan yaitu harus menggunakan mata uang yang sama. Masing-masing bank yang berada di Irlandia Utara mencetak versi mata uangnya sendiri-sendiri. Mata uang tersebut dapat ditukarkan di bank, namun sebagian besar negara Persemakmuran Inggris menolak untuk dapat menggunakan mata uang tersebut.
  1. 20 Ribu Rupiah Indonesia
Yang paling unik yaitu uang kertas 20 ribuan pada tahun 1998. Lembaran uang kertas 20 ribu ini menghadirkan pahlawan pendidikan yakni Ki Hadjar Dewantara. Jika kita cermati dengan teliti, gambar tersebut terlihat adanya ekspresi kebingungan. Bisa jadi hal ini dapat kita kaitkan dengan tingginya angka inflasi yang bertanda krisis ekonomi yang sedang melanda negara Indonesia pada waktu itu. Uang koin 100 dan 500 sekarang ini sudah sangat jarang digunakan untuk dijadikan sebagai alat transaksi. Sebagai ganti dari uang koin tersebut banyak sekali warung atau pun toko menggantinya dengan permen sebagai alternatif uang pengembalian.

0 Response to "3 Mata Uang Unik di Dunia, Salah Satunya Mata Uang Indonesia"

Post a Comment