3 Suporter Bola Paling Unik dan Fanatik di Indonesia

Pertandingan sepakbola tentunya tidak akan lengkap jika tidak ada suporter yang datang langsung ke stadion. Suporterlah yang akan mendorong motivasi para pemain dikarenakan ada dukungan secara langsung dari suporter di stadion. Terutama di Indonesia karena suporter yang ada di Indonesia sudah terkenal fanatik ke 3 di dunia setelah negara Brazil dan Jerman. Mungkin kita sering menyaksikan tawuran antar suporter sepakbola di Indonesia dikarenakan kefanatikannya. Namun dibalik itu tentu saja tersimpan keratifitras dari suporter sepakbola di Indonesia. Berikut ini adalah 3 suporter paling kreatif dan unik di Indonesia.


  1. Brigata Curva Sud (Suporter PSS Sleman)
Brigata Curva Sud atau sering orang mengenalnya dengan BCS merupakan sebuah kelompok suporter yang bermarkas di Sleman Jawa Tengah. Kelompok suporter ini selalu memenuhi tribun dari stadion Maguwoharjo International Stadium. Suporter dari PSS Sleman ini mempunyai cara yang sangat uni ketika mendukung PSS Sleman bermain di stadion Maguwoharjo yaitu dengan cara melakukan koreografi ketika pertandingan sedang berlangsung. Secara umum anggota dari BCS ini selalu menggunakan sepatu dan menggunakan pakaian yang rapih. Ketika PSS Bermain, BCS tidak pernah lelah untuk terus bernaynyi sampai pertandingan selesai. Loyalitas seperti ini selalu ditunjukan ketika PSS Sleman bermain. BCS sendiri mempunyai slogan yang sangat unik yaitu No Ticket, No Game.
Baca Juga: Lima Suku Etnis Manusia yang Unik dan Jarang Diketahui
  1. Bobotoh (Suporter Persib Bandung)
Kelompok suporter Persib Bandung atau banyak orang mengenalnya dengan sebutan bobotoh merupakan suporter terbanyak di Indonesia. Bobotoh ini terbilang unik sebab setiap Persib Bandung bermain, pasti di sudut stadion selalu ada bobotoh yang menyaksikan secara langsung. Meskipun bermain di kandang baik itu bermain di dalam negeri atau pun luar negeri, bobotoh nampak hadir untuk mendampingi Persib Bandung Bermain. Hal ini tentu terbilang unik, sebab tidak semua tim yang ada di Indonesia mempunyai suporter seperti bobotoh. Bukan hanya di Jawa Barat saja, bobotoh juga tersebar di seluruh pelosok Indonesia bahkan luar negeri. Belum lagi jika Persib Bandung bermain di kandang, para bobotoh selalu menunjukan kreatifitasnya dengan cara menyuguhkan koreo yang menarik. Bobotoh juga mempunyai slogan yaitu Kabeh Dulur (Semua keluarga)
Baca Juga : Toilet Paling Unik di Dunia
  1. Aremania (Suporter Arema FC)

Aremania merupakan kelompok suporter yang berasal dari Malang. Suporter Aremania terkenal sangat atraktif, sportif dan kreatif ketika mendukung Arema FC. Aremania selalu bernyanyi selama pertandingan. Aremania mempunyai slogan Salam Satu Jiwa

Baca Juga: 5 Hal Unik dan Nyentrik Ini Hanya Ada di Maumere

0 Response to "3 Suporter Bola Paling Unik dan Fanatik di Indonesia"

Post a Comment