Mengerikan !! Bahaya Pengguna Kawat Behel Gigi


Kawat behel untuk gigi sekarang ini banyak sekali di gemari oleh banyak orang terutama kaum remaja yang digunakan sebagai fashion. Kawat behel ini telah banyak kita temukan di kalangan masyarakat dengan harga yang relatif murah. Semakin murah kawat behel gigi tersebut, maka kualitas dari kawat behel gigi tersebut semakin tidak meyakinkan jika di pasang pada gigi.



Untuk para pengguna kawat behel supaya lebih bisa memahami tentang bahaya dari penggunaan kawat behel itu sendiri, bahaya dari kawat behel ini dapat terjadi ketika pemasangan kawat behel gigi tidak ditangani secara langsung oleh orang yang ahli atau pun seorang dokter gigi. Bahkan menurut PB PDIGI (Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia) bahwa penggunaan kawat behel gigi bisa mengakibatkan dampak negatif untuk para penggunanya jika yang memasangkan kawat behel gigi tersebut bukan orang ahli.
Sekarang ini masyarakat sudah banyak yang mempercayai tukang gigi yang berada di jalanan untuk memasangkan kawat behel gigi dikarenakan harganya lebih murah. Padahal tukang gigi yang berada di jalanan tersebut banyak yang belum mendapatkan izin dari Persatuan Dokter Gigi. Perlu kita ketahui, bahwa kita memasang kawat behel gigi bukan dengan orang yang ahli, maka akan menimbulkan masalah yang baru terhadap kesehatan gigi.

Baca Juga : Rajin Sikat Gigi Tapi Masih Bau Mulut

Jika kita masih ngotot ingin memasang kawat behel gigi bukan kepada orang yang ahli, maka kita bisa dipastikan akan mengalami masalah berikut ini.

  1. Alergi
Behel logam mengandung logam seperti nikel, kromium dan tembaga. Diperkirakan bahwa 30 persen dari pasien ortodontik mempunyai alergi terhadap logam yang bisa menimbulkan rasa sakit dan juga telinga yang tersumbat. Bahkan mungkin saja pasien yang tidak mempunyai riwayat alergi juga bisa menjadi alergi setelah kita memasang kawat behel gigi. Namun hal ini bisa dengan mudah diatasi dengan cara mengubah bahan logam tersebut.
  1. Karang Gigi
Karang gigi bisa saja muncul yang diakibatkan oleh pemasangan kawat behel gigi. Hal seperti ini dikarenakan area pada bawah dan yang berada disekitar logam dan juga kawat sangat sulit untuk bisa dibersihkan sehingga sisa dari makanan yang menempel dapat menyebabkan penumpukan dan membuahkan plek. Para pengguna kawat behel gigi logam ini mempunyai resiko yang tinggi untuk mengalami kerusakan pada gigi dan gusi. Oleh karena itu kita harus menggunakan sikat gigi yang khusus jika kita menggunakan behel.
  1. Masalah Pencernaan
Bahan kawat behel gigi yang mempunyai kualitas rendah sangat dikhawatirkan mempunyai bahan dasar yang berbahaya untuk kesehatan. Jika bahan tersebut bereaksi dengan air liur, maka reaksi dari bahan tersebut dapat menimbulkan sebuah masalah terhadap gangguan pencernaan.

0 Response to "Mengerikan !! Bahaya Pengguna Kawat Behel Gigi"

Post a Comment