3 Hal yang Harus Kita Lakukan Untuk Keamanan Rumah Ketika Mudik


Mudik adalah sebuah rutinitas yang sangat menyenangkan yang tentunya banyak sekali dilakukan ketika lebaran tiba. Setelah kita berpuasa selama satu bulan, tentunya akan menjadi hal yang sangat membahagiakan jika bisa merayakan momen lebaran dengan keluarga dan juga dengan sanak saudara di kampung halaman.
Mudik menjadi pilihan untuk kaum yang merantau dikarenakan memang akan terasa sangat menyenangkan ketika bisa merayakan idul fitri dengan sanak saudara di kampung halaman. Biasanya, untuk yang telah berkeluarga mudik selalu dilakukan bersama semua anggota keluarga. Hal seperti ini tentunya bisa menyebabkan rumah akan ditinggal di dalam keadaan yang kosong. Padahal rumah yang akan ditinggal mudik ini mempunyai aset yang sangat berharga yang berada di dalamnya. Kekhawatiran tentunya akan muncul dikarenakan rumah akan ditinggalkan di dalam jangka waktu yang sangat lama.
Untuk dapat menjaga rumah agar tetap di dalam kondisi yang aman, kita harus bisa melakukan upaya pencegahan sebelum kita melakukan mudik. Berikut ini adalah tips yang bisa kita lakukan sebelum kita meninggalkan rumah untuk mudik.
  1. Melapor Kepada RT/RW serta Satpam
Sebelum kita melakukan mudik alangkah baiknya kita harus melapor terlebih dahulu terhadap Pak RT, Pak RW atau pun kepada satpam yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Jika petugas tersebut sedang libur, kita bisa memberitahukan terhadap tetangga bahwa kita akan melakukan perjalanan mudik dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, kita juga harus memberikan nomor telepon kita terhadap mereka supaya jika ada terjadi sesuatu, kita bisa dengan cepat diberitahukan oleh mereka. Oleh karena itu untuk mengucapkan rasa terima kasih, kita bisa membawakan oleh-oleh untuk orang yang kita titipkan rumah.
  1. Meminta Bantuan Tetangga

Setelah kita memberitahukan terhadap orang yang berada di sekitar rumah kita, kita juga harus meminta tolong terhadap tetangga yang kita percayai dan tentunya harus dekat dengan kita untuk dapat mengecek keadaan rumah secara bertahap. Hal seperti ini tentunya sangat penting sekali supaya rumah kita akan tetap aman selama ditinggalkan oleh kita. Selain itu, kita juga bisa meminta tolong terhadap komunitas yang berada di lingkungan rumah kita untuk dapat membantu mengawasi rumah kita. Biasanya selain hanya mengawasi rumah, mereka juga bisa membantu untuk mengurus hal-hal yang kecil seperti halnya menyiram tanaman, menyapu dan yang lainnya. Sebagai gantinya, kita bisa membawakan oleh-oleh untuk orang yang menjaga rumah kita sebagai bentuk rasa terima kasih.
  1. Mencabut Gas dan Listrik

Salah satu hal yang tentunya selalu kita khawatirkan ketika akan mudik selain adanya pencurian yaitu kebakaran terhadap rumah kita. Kebakaran bisa saja akan terjadi dikarenakan arus listrik atau pun gas. Dengan begitu, sebaiknya kita harus mematikan semua aliran listrik yang berada di dalam rumah misalnya listrik tv, komputer atau pun peralatan elektronik yang lainnya. Hal ini kita lakukan untuk dapat mencegah terjadinya korsleting yang bisa saja menjadi pemicu kebakaran rumah. Jika kita melakukan perjalanan mudik didalam jangka waktu yang lama, sebaiknya kita harus mengosongkan kulkas dan harus mencabut aliran listriknya. Selain hal tersebut, kita juga harus mencabut regulator gas elpigi. Hal ini kita lakukan dikarenakan meskipun gas tidak kita gunakan namun gas tentunya akan tetap mengalir terhadap selang regulator yang terhubung ke tabung.

0 Response to "3 Hal yang Harus Kita Lakukan Untuk Keamanan Rumah Ketika Mudik"

Post a Comment