4 Cara Untuk Membuat Anak Semangat Berpuasa

Mengajarkan sang buah hati untuk berpuasa itu bukan suatu hal yang mudah. Hal ini membutuhkan kesabaran dan ketekunan serta kasih sayang. Selain itu juga, kreativitas saat megenalkan anak berpuasa sangatlah penting untuk kita lakukan.
Jika saat berpuasa anak rewel ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut:
  1. Ajarkan Anak Puasa Secara Bertahap

Memaksa anak harus langsung puasa penuh itu sangat sulit, apalagi kalau anak harus di marahi karena gagal berpuasa penuh. Hal ini malah akan membuat sang buah hati, membenci puasa, dan kapok menjalankan puasa. Oleh karena itu harus di lakukan secara bertahap. Salah satu cara yang harus di ingat ialah apapun yang di lakukan anak harus dalam keadaan senang, ikhlas dan fokus dalam melakukannya. Untuk langkah awal, mulailah membatasi anak makan dan minum selama 3-4 jam. Setelah itu biarkan mereka makan sepuasnya.  Jika tahap awal berhasil, dan anak kuat untuk menahannya, tambah jamnya menjadi 4-6 jam. Biarkan tubuh dan pikiran mereka beradaptasi. Menjadi paling penting ialah bagaimana cara membuat anak mengerti kata puasa dan tata cara puasa sejak dini yang tentunya di sesuaikan dengan kondisi fisik dan perkembangan pisikologisnya.
  1. Jika Anak Tidak Kuat, Jangan Dimarahi atau Diejek
Cobalah untuk tidak mengecilkan semangat sang anak, dengan tidak memarahi atau mengajak mereka. Jika anak mulai rewel karena tidak kuat melanjutkan puasa, cobalah untuk memberi pengertian terlebih dahulu. Cobalah dengan sabar dan pelan, sembari mengecek kondisi fisik anak, untuk memastikan bahwa dia baik-baik saja. Namun, jika kondisi fisik dan kesehatan mengkhawatirkan, sebaiknya sang anak di perbolehkan untuk berbuka lebih awal. Sang anak bisa diajak untuk melanjutkan puasa di hari berikutnya.
  1. Buat Anak Lupa Akan Rasa Lapar
Jika anak mulai rewel, mulai merasa lapar pada jam jam tertentu, usahakan harus mengalihkan perhatian mereka misalnya di ajak bermain atau jalan jalan. Di samping itu kalian bisa mengajak anak membaca atau tidur. Alihkan anak supaya dia bisa lupa akan rasa laparnya.
  1. Tambah Semangat Anak Dengan Menjanjikan Hadiah Saat Lebaran
Hal ini hanya untuk menambah semangat anak tamat berpuasa. Hadiah yang di janjikan tak perlu yang mahal mahal. Tidak harus berbentuk barang, kalian bisa mengajak anak ke taman bermain saat lebaran. Sekali lagi ini hanyalah untuk menambah semangat anak untuk berpuasa, sehingga tidak perlu menjanjikan hadiah yang lebih.

0 Response to "4 Cara Untuk Membuat Anak Semangat Berpuasa"

Post a Comment